21 December 2019, 17:50 WIB

Gubernur Sumbar Sambut Baik Ancaman Diinterpelasi Gerindra


Antara | Nusantara

Antara
 Antara
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (kanan), Wali Kota Padang Mahyeldi (kiri) dan Ketua Gerindra Sumbar Andre Rosiade di Padang, Sabtu (21/12).

GUBERNUR Sumatra Barat Irwan Prayitno menanggapi positif wacana penggunaan hak interpelasi oleh anggota DPRD setempat terkait perjalanan luar negeri yang dia lakukan untuk menggaet investasi.

"Konstitusi memberikan hak interpelasi kepada anggota DPRD. Kita menghormati penggunaan hak itu dan akan menjawab pertanyaan terkait perjalanan luar negeri yang dipersoalkan," katanya di Padang, Sumbar, Sabtu (21/12).

Terkait perjalan luar negeri itu, ia menjelaskan, Sumbar tidak memiliki APBD yang besar seperti provinsi lain misalnya DKI Jakarta, Jawa Timur atau Jawa Barat.

APBD yang terbatas itu tidak mencukupi untuk pembangunan di berbagai sektor, karena itu perlu dilakukan segala daya upaya mendatangkan uang ke Sumbar.    

Ia menyampaikan hal itu pada Rakorwil PKS Sumbar yang dihadiri Ketua DPP PKS Almuzzamil Yusuf, Wali Kota Padang Mahyeldi, dan jajaran pengurus.

Adapun DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatra Barat mempersilakan Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumatera Barat mengajukan hak interpelasi terkait dengan perjalanan dinas Gubernur Sumbar Irwan Praytino ke luar negeri.

"Interpelasi itu kan memang hak anggota DPRD dan diatur dalam undang-udang, jadi silakan saja sepanjang sesuai aturan," kata Ketua DPW PKS Sumbar Irsyad Safar.

Menurut dia, interpelasi tersebut bertujuan meminta keterangan eksekutif terkait kebijakan strategis. "Sebenarnya perjalanan Gubernur Sumbar ke luar negeri bukan hanya kali ini, tapi juga dilaksanakan tahun lalu," katanya.

Tetapi, sambung dia, karena ini tahun politik dan baru sekarang dipertanyakan tentu ini analisisnya menjadi ke mana-mana.

Ia menyampaikan pula, dulu Komisi III DPRD Sumbar juga pernah mempertanyakan perjalanan dinas Gubernur Sumbar.

Terkait dengan posisi Gerindra yang merupakan mitra koalisi dalam mengusung Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada Pilgub Sumbar 2015, ia menyampaikan hingga saat ini hubungan berjalan baik.

Sebelumnya, Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade mendorong fraksinya di DPRD Sumbar untuk menggunakan hak interpelasi, mempertanyakan hasil kunjungan luar negeri gubernur yang dinilai terlalu sering. (X-15)

Baca juga: F-Gerindra Ancam Gunakan Hak Interpelasi ke Gubernur Sumbar

Baca juga: Syariat Islam Jadi Andalan Pariwisata Spiritual Aceh

BERITA TERKAIT