21 December 2019, 22:55 WIB

Mengapa Bayi Sering Tertidur ketika Sedang Makan?


Raka Lestari | Humaniora

Ilustrasi
 Ilustrasi
Bayi sedang makan

KETIKA sedang makan, terkadang bayi tiba-tiba bisa tertidur. Bahkan ketika mereka masih berada di kursi makan mereka, bayi bisa saja langsung tertidur begitu saja.
 
Hal ini mungkin membuat orang tua menjadi bertanya-tanya apakah normal untuk bayi tidur ketika sedang makan? Berikut ini adalah penjelasannya menurut ahli.
 
“Kita sebagai orang dewasa mungkin akan merasa sedikit lelah atau mengantuk setelah makan besar,” kata Randy Thornton, M.D., dokter anak di Jacksonville Pediatrics and Wolfson Children’s Hospital seperti dilansir Ramper.

Menurutnya, bayi terutama pada tahun pertama mereka akan tidur sangat sering. Bahkan pada hari-hari pertama mereka, bayi bisa tidur sampai 20 jam sehari. "Sebagian besar bayi mulai makanan padat sekitar 6 bulan. Untuk bayi, itu hanya siklus. Mereka makan, mereka tidur. Ini sangat normal. Mungkin saja mereka lelah,” ucapnya.
 
Christine Stevens, konsultan tidur anak-anak dan founder Sleep Solutions by Christine, mengatakan bahwa penting bagi orang tua untuk memerhatikan sinyal-sinyal kantuk pada bayi mereka.
 
“Pada usia satu tahun, bayi biasanya akan tidur siang satu kali sehari. Namun sebelum berusia satu tahun normal bagi bayi untuk tidur siang beberapa kali,” kata Stevens.
 
Menurut Stevens jika Anda menemukan bayi Anda tertidur ketika makan, Anda cenderung tidak mengetahui apakah itu karena mereka lelah atau ingin tidur siang. "Anda bisa memerhatikan, jika bayi mulai menggosok-gosok mata mereka, menguap, mulai rewel, atau membalik dari Anda mungkin itu sudah saatnya mereka untuk tidur siang,” ungkapnya.
 
Thornton mengatakan ketika bayi belajar makan makanan padat, mereka mungkin butuh waktu lebih lama untuk makan sehingga waktu makan siang mereka mungkin mulai memotong waktu tidur siang. Hal itulah yang menyebabkan bayi tertidur ketika diberi makan.
 
Tetapi jika bayi Anda sering tertidur saat makan makanan padat mereka, bagaimana Anda mengetahui bahwa mereka sudah cukup makan?
 
“Biarkan bayi Anda yang menentukan. Beri mereka makan ketika mereka lapar dan makan sampai mereka kenyang. Jika mereka tertidur ketika sedang makan, itu adalah waktu yang tepat untuk tidur, dan mereka mungkin sudah kenyang,” tutup Thornton.  (Medcom/OL-12)

BERITA TERKAIT