21 December 2019, 13:00 WIB

Trump Siapkan Diri Hadapi Sidang Senat di Resor Pribadinya


Melalusa Sushtira Khalida | Internasional

AFP/Joe Raedle
 AFP/Joe Raedle
Resor pribadi Presiden Donald Trump di Mar-a-Lago, Florida, AS

PRESIDEN Amerika Serikat Donald Trump bertolak ke resor pribadinya di Mar-a-Lago, Florida, Jumat (20/12) waktu setempat. Ia akan berada disana selama dua minggu sambil mempersiapkan diri menghadapi sidang Senat AS terkait pemakzulannya yang disetujui DPR 2 hari lalu.

Trump diperkirakan akan menyusun sejumlah strategi hukum yang akan digunakan dalam persidangan pemakzulan di Senat nanti.

Namun, beberapa pejabat diam-diam menyatakan keprihatinan terkait lamanya kunjungan Trump. Mereka beralasan semakin lama Trump menghabiskan waktu di resornya itu, semakin banyak pula kesempatan bagi orang luar untuk memengaruhinya dan menambah banyak pemberitaan yang sengaja memancing kemarahannya.

Mar-a-Lago tidak hanya sebuah resor pribadi Trump, tempat itu kerap dinilai menyiratkan makna simbolik bagi pemiliknya dalam merefleksikan pengambilan langkah atau keputusannya secara murni, lepas dari rongrongan eksternal.

Menurut penulis buku "Mar-a-Lago: Inside the Gates of Power di Istana Presiden Donald Trump", Laurence Leamer, resor itu memberi Trump penguatan dan afirmasi positif yang ia terima dari penghuni ataupun tamu terdekatnya.

Baca juga : Pidato Kenegaraan 4 Februari akan Jadi Momen Trump Bela Diri

"Itulah tempat dia mendapatkan penguatan. Apa pun yang ia ingin lakukan atau pikirkan adalah benar, mereka mengatakan itu hebat. Tidak ada yang menantangnya," ujar Laurence Leamer.

Leamer juga menyebut Mar-a-Lago adalah pelarian untuk Trump, dan kerap kali memberi dorongan psikologis yang penting untuknya. Resor di Palm Beach itu, sambung Leamer, juga dapat memberikan Trump waktu untuk bermain golf yang merupakan olahraga favoritnya.

"Mar-a-Lago sangat penting secara psikologis baginya," kata Leamer.

"Dia bahkan lebih membutuhkan (Mar-a-Lago) ketimbang surat setebal enam halaman itu," tutur Leamer, merujuk pada surat kecaman yang dikirim Trump kepada Ketua DPR AS Nancy Pelosi sebelum malam pemakzulannya.

Sebelumnya, Trump dilaporkan telah menerima undangan Pelosi untuk menyampaikan pidato kenegaraan tahunannya di depan sidang gabungan Kongres AS pada 4 Februari mendatang. (CNN/OL-7)

BERITA TERKAIT