21 December 2019, 08:30 WIB

Dressel dan Seto Cetak Rekor Dunia Renang Jarak Pendek


Ghani Nurcahyadi | Olahraga

AFP/Marks Ralston
 AFP/Marks Ralston
Perenang Jepang Daiyo Seto saat berlaga di nomo 400 meter gaya ganti Liga Renang kolam jarak pendek

PERENANG Jepang Daiyo seto sukes memecahkan rekor dunia kolam renang jarak pendek (short course, 25 meter) di ajang pamungkas Liga Renang Internasional di Las vegas, Amerika Serikat, Jumat (20/12) waktu setempat.

Seto memecahkan rekor dunia di nomor 400 meter gaya ganti dengan catatan waktu 3 menit 54,81 detik. Ia memecahkan rekor perenang AS Ryan Lochte yang sebelumnya dicetak pada Kejuaraan Dunia Kolam Jarak Pendek di Dubai pada 2010.

Sementara perenang AS Caeleb Dressel yang pada Juli lalu merebut 6 medali emas di kejuaraan Dunia kolam renang ukuran olimpiade (50 meter), memecahkan rekor perenang Prancis Florent Mamadou di nomor 50 meter gaya bebas kolam renang jarak pendek dengan catatan waktu 20,24 detik.

Baca juga : Manifesto Olimpiade Terjual Seharga Rp123 Miliar

Bagi Seto yang digadang-gadang sebagai bintang Olimpiade Tokyo 2020, ini merupakan penampilan perdananya di ajang Liga Renang Dunia. Ia tampil bersama tim Energy Standard yang berbasis di Eropa.

Sedangkan pertarungan Dressel dan Mamadou kali ini menandakan persaingan sengit di nomor gaya bebas jelang Olimpiade Tokyo 2020. Mamadou yang sempat pensiun, kini menyatakan kembali ke arena renang untuk mengincar medali emas di Tokyo. (AFP/OL-7)

 

BERITA TERKAIT