20 December 2019, 21:58 WIB

Satu Meninggal terperosok Jalan Ambles di Bukittinggi


Yose Hendra | Nusantara

AFP
 AFP
Kawasan tanah yang ambles tersebut merupakan kawasan potensi sinkhole 

AMBLESNYA jalan by pass, Kelurahan Gulai Bancah, Kota Bukittinggi,  Sumatra Barat, Jumat (20/12), memakan korban. Harmusti, 64, ditemukan meninggal dunia, pukul 13.45 WIB, setelah terperosok ke jalan ambles saat pergi salat subuh.

"Harmusti pergi salat subuh ke masjid pada pukul 05.15 WIB, namun terperosok kedalam lubang pada ruas jalan by pass, KM 2 Gulai Bancah yang berada di depan rumah yang bersangkutan. Korban berhasil ditemukan oleh Tim Sar gabungan pada 13.30 WIB dalam keadaan meninggal," ungkap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Barat, Rumainur, Jumat (20/12)

Korban, kata Rumainur, ditemukan di kedalaman sekitar 10 meter. Pencarian korban dilakukan lebih kurang tujuh jam, dengan dibantu alat berat.

Menurut pakar geologi dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Sumbar, Ade Edward, kawasan tanah yang ambles tersebut merupakan kawasan potensi sinkhole (depresi alami atau lubang dalam topografi permukaan yang muncul akibat hilangnya lapisan tanah atau bantalan batuan, atau
keduanya yang umumnya terjadi akibat aliran air di bawah tanah).

"Kawasan sinkhole ini berada di daerah dataran rendah Bukittinggi hingga Kamang di Kabupaten Agam sudah diketahui sebelumnya, tapi belum jadi perhatian," tukasnya. (Ol-11)

 

BERITA TERKAIT