20 December 2019, 21:20 WIB

Anies Buka Peluang Perayaan Keagamaan Lain Tahun Depan


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/Insi Nantika Jelita
 MI/Insi Nantika Jelita
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengunjungi hari terakhir kegiatan Christmas Carol dengan bersepeda di ruang-ruang publik sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin pada Jumat (20/12) petang.

Melaju dari Balai Kota DKI pukul 17.00 WIB, Anies singgah di beberapa titik lokasi Christmas Carol berada seperti Bundaran HI, Terowongan Kendal, dan depan FX Senayan. Ia sempat bersalaman dan turut bertemu dengan paduan suara yang sedang menyenandungkan lagu bernuansa Natal.

Anies menyatakan, program yang dilakukan pertama kalinya di Jakarta tersebut akan dievaluasi dan berharap diperluas jangkauan maupun partisipasinya.

"Kita ingin agar semua yang di Jakarta bisa menyambut hari yang ditunggu-tunggu dengan perasaan ceria, dengan kesukacitaan. Pada malam hari, selama tiga malam berturut-turut, Christmas Carol dimulai di Jakarta. Kita berharap nanti tahun-tahun ke depan bisa lebih besar lagi, lebih panjang lagi waktunya," ungkap Anies di Terowongan Kendal, Sudirman.

Ia juga mengapresiasi kegiatan Christmas Carol yang melibatkan kolaborasi berbagai pihak, khususnya gereja, lembaga pendidikan, dan komunitas umat kristiani Jakarta. Mantan rektor Universitas Paramadina itu juga menyebut, Jakarta harus menjadi tempat di mana setiap orang merasakan seperti rumahnya sendiri dengan hadirnya kesempatan yang sama, kesetaraan, dan rasa keadilan.


Baca juga: Catat, Ini Ruas Jalan di Jakarta yang Ditutup saat Tahun Baru


"Kita selenggarakan ini bagi saudara-saudara kita umat kristiani dalam menyambut peringatan Hari Raya Natal pekan depan. Terima kasih sudah jauh-jauh datang ke Jakarta untuk bersama-sama di sini menyambut peringatan Natal. Saya ingin sampaikan terima kasih, dan khusus kepada Pak Simon, terima kasih bimbingannya yang sudah membuat anak-anak kita tampil luar biasa," ujar Anies kepada Mission Youth for Christ (MYC) Choir dari Universitas Pelita Harapan di Spot Budaya Dukuh Atas yang melibatkan 150 penyanyi.

Anies menyatakan, masih banyak pihak yang menunggu partisipasi dalam Christmas Carol. Karena itulah, program tersebut akan semakin diperluas dan dilakukan secara berkala di tahun-tahun mendatang. Selain itu, Anies juga menekankan, ruang terbuka di Jakarta harus menjadi tempat ekspresi kebudayaan yang mewujudkan rasa kebersamaan antarwarga.

"Kami instruksikan kepada lembaga pendidikan, komunitas, gereja untuk bisa menggunakan ruang ketiga yang dilakukan di sepanjang Jalan Thamrin Sudirman ini. Kami berharap rasa kebersamaan, persatuan kedekatan bisa terus terbangun dari momen-momen seperti ini. Kita ingin mengerjakan ini untuk semua agama berbagai even, tentu tahun-tahun ke depan juga akan dilakukan," ungkapnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT