20 December 2019, 21:06 WIB

Catat, Ini Ruas Jalan di Jakarta yang Ditutup saat Tahun Baru


Tri Subarkah | Megapolitan

Antara/Reno Esnir
 Antara/Reno Esnir
Ilustrasi pengalihan arus lalu lintas

SEJUMLAH ruas jalan di Jakarta akan ditutup imbas dari acara malam pergantian tahun. Penutupan jalan akan dilakukan secara berkala sejak persiapan acara, gladi bersih, hingga acara berlangsung.

Untuk persiapan acara, Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dishub DKI Jakarta, Edi Sufaat, mengatakan akan ada pengaturan lalu lintas mulai pukul 00.00-05.00 WIB sejak 24 Desember hingga 30 Desember.

"Hal ini diambil supaya kegiatan lalu lintas dan mobilisasi warga Jakarta tidak banyak yang terganggu," kata Sufaat di Balaikota, Jumat (20/12).

Rekayasa lalu lintas juga akan dilakukan pada saat gladi bersih yakni pada 30 Desember 2019. Menurut Sufaat, rekayasa lalu lintas di sekitar Bundaran HI akan dilakukan secara tentatif pada pukul 14.00-23.00 WIB.

"Tentaif adalah kita selesaikan volume lalu lintas saat terjadi gladi dan mobilisasi di sekitaran Bundaran HI," katanya.

Baca juga : Manggung di Bundaran HI, Rhoma Minta Diediakan Pawang Hujan

Sementara itu, pada malam Tahun Baru 2020, Sufaat menyebut penutupan jalan mulai dilakukan sejak pukul 17.00-01.00 WIB. Adapun ruas jalan yang akan ditutup antara lain Jalan Majapahit, Jalan Merdeka Barat, Jalan Sudirman hingga Bundaran Senayan.

"Yang crossing barat ke timur sampai pukul 20.00 masih diperkenankan. Hal ini untuk mengurangi penunmpukan di Majapahit dan Thamrin yang ditutup," terang Sufaat.

Adapun rekayasa lalu lintas yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta adalah sebagai berikut:

1. Kendaraan dari arah Harmoni yang akan menuju ke Selatan dialihkan melalui Jalan Juanda-Lapangan Banteng-Jalan Pejambon-Jalan Ridwan Rais-Tugu Tani-Jaln Samratulangi-Jalan HOS Cokroaminoto dan seterusnya.

2. Kendaraan dari arah Jalan Sisingamaraja, Jalan Pattimura dan Jalan Asia Afrika yang akan menuju ke Utara dialihkan melalui Jalan Pakubuwono 6-Jalan Hang Lekir 2-Jalan Asia Afrika-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Jendral Gatot Subroto-Jalan S. Parman-Jalan Tomang Raya dan seterusnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT