21 December 2019, 01:40 WIB

Ambisi Jadi Klub Terbaik di Dunia


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

LIVERPOOL akan melawan wakil Brasil, Flamengo, pada partai final Piala Dunia Antarklub di Stadion Internasional Khalifa, Qatar, besok dini hari. The Reds berambisi menjadi yang terbaik di dunia setelah berhasil menjadi kampiun di 'Benua Biru'. Ambisi itu semakin menggebu-gebu karena Liverpool belum pernah sekali pun meraih trofi Piala Dunia Antarklub sepanjang sejarah klub.

"Itu adalah alasan kami datang ke sini. Kami ingin menang. Kami telah melawan tim yang tangguh sepanjang pekan ini. Jadi, partai melawan Flamengo ini ialah partai sulit lainnya," kata kapten Liverpool, Jordan Henderson.

Pada 2005, Liverpool berkesem-patan untuk merengkuh gelar juara. Namun, di final saat itu mereka dikalahkan wakil Brasil, Sao Paulo, dengan skor 1-0.

Kembali melawan tim asal 'negeri Samba' tentu akan diwaspadai pelatih Liverpool Jurgen Klopp. Dia mengaku pengalaman Jorge Jesus di kursi pelatih Flamengo membuat dirinya harus mengatur siasat untuk memenangi partai puncak.

"Jorge Jesus ialah pelatih yang sangat berpengalaman dan sangat sukses di Portugal dan Brasil, jadi kita harus menaruh hormat kepadanya," kata Klopp.

Klopp juga berharap Virgil van Dijk akan benar-benar bisa diturunkan saat melawan Flamengo. Dia mengatakan beknya itu kemarin sudah mengikuti sesi latihan. Sebelumnya Klopp tidak mengerahkan Van Dijk ketika Liverpool bermain di semifinal melawan Monterrey.

"Kami tidak memiliki masalah cedera di susunan pemain. Setelah pertandingan terakhir yang dijalani, kami punya waktu untuk pemulihan dan kita semua akan lihat siapa yang bakal diturunkan," kata dia.

Di lain sisi, Jesus tidak gentar dengan nama besar Liverpool.

"Klopp tampil di final Liga Champions dan juara, tapi Piala Dunia Antarklub jauh lebih sulit," ungkap Jorge.

 

Pertahanan solid

Dari Liga Inggris, Manchester City akan menjamu Leicester City di Etihad Stadium pada saat Liverpool berhadapan dengan Flamengo. Laga tersebut akan sangat menarik karena mempertemukan tim paling produktif dengan tim yang memiliki pertahanan paling solid di Liga Primer musim ini.

City menjadi tim paling subur dengan torehan 47 gol. Raheem Sterling dan Sergio Aguero menjadi topskor klub dengan sembilan gol. Tim asuhan Pep Guardiola itu diprediksi kembali diperkuat Aguero yang mulai sembuh dari cedera.

"Sergio sudah kembali dan tengah menjalani pemulihan. Selanjutnya, ia akan menjalani sesi latihan bersama tim," ungkap Guardiola.

Adapun Leicester, yang kini menjadi tim paling jarang kebobolan, akan mengandalkan duet Jonny Evas dan Caglar Soyuncu di lini belakang. Kukuhnya benteng pertahanan yang mereka ciptakan membuat the Foxes hanya kebobolan 11 gol hingga jelang pergantian tahun.

Di sisi lain, bagi City dan Leicester, pertandingan yang mereka jalani juga sangat penting karena dengan meraih poin penuh, bisa mendekatkan mereka dengan Liverpool di puncak klasemen.

Saat ini, Leicester terpaut 10 poin dengan Liverpool, sedangkan City tertinggal 14 poin. Meskipun ada jarak yang cukup jauh, tentu keduanya masih berusaha memetik tiga poin, sambil berharap Liverpool terpeleset di tengah jadwal pertandingan yang padat. (ManCity/AFP/Liverpool/R-3)

 

BERITA TERKAIT