20 December 2019, 19:50 WIB

Menkominfo Resmikan Tol Langit di Flores


Yohanes Manasye | Nusantara

MENTERI Komunikasi dan Informasi, Johnny Gerard Plate, meresmikan dua titik sarana internet tol langit di Flores, Nusa Tenggara Timur, pada Jumat (20/12). Dua titik tersebut terdapat di Kantor Camat Reo, Kabupaten Manggarai dan Seminari Pius XII Kisol, Kabupaten Manggarai Timur.

Sarana internet yang terpasang menggunakan sistem high thruput satelite (HTS). Adapun kecepatan internet pada dua titik tersebut mencapai 8 megabyte per detik dan diklaim sebagai internet supercepat dan tercepat di NTT.

"Kalau dibilang di sini kecepatannya 8 megabyte per second, itu bukan lelet lagi. Itu supercepat. Streaming-nya cepat sekali," ujar Johnny.

Menteri Johnny mengatakan pembangunan tol langit di wilayah itu merupakan bagian dari bentuk dukungan Kemenkominfo terhadap pengenbangan destinasi pariwisata super premium Labuan Bajo. Ia berharap masyarakat bisa memanfaatkan internet untuk berpartisipasi dalam pengenbangan pariwisata.


Baca juga: BUMN Membangun Kawasan Terintegrasi di Bandung Timur


"Pariwisata Labuan Bajo pasti akan betkembang pesat. Tetapi kita di Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, hanya bisa dikategorikan sukses kalau kita sudah aktif mengambil bagian dalam gerakan percepatan pembangunan pariwisata melalui kerja produktif, kerja efisien dan kerja bersama-sama," kata Johnny.

Johnny meminta masyarakat untuk tidak memanfaatkan kemajuan telekomunikasi untuk hal-hal negatif seperti menyebarkan berita hoaks, fitnah, adu domba, dan sejenisnya. Ia berharap melalui internet, masyarakat yang berprofesi sebagai petani, peternak, nelayan, pelaku industri kreatif, dan pengrajin serta pegiat seni tradisional bisa dihubungkan dengan pasar.

"Gunakan internet intuk mempertemukan petani, nelayan, peternak, usaha kecil menengah mikro dengan pasar digital. Kita bergerak dari masyarakat offline ke masyarakat online," kata Johnny.

Bupati Manggarai, Deno Kamelus, berterima kasih kepada Kemenkominfo yang telah menghadirkan akses internet di wilayahnya. Ia berharap, fasilitas layanan internet cepat tersebut bisa dioptimalkan dalam mendukung kerja-kerja pemerintah daerah dan masyarakat. (OL-1)

 

BERITA TERKAIT