20 December 2019, 19:20 WIB

Tumpak Komit Bawa KPK sebagai Garda Terdepan Berantas Korupsi


Golda Eksa | Politik dan Hukum

KETUA Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi, Tumpak Hatorangan Panggabean, berkomitmen untuk mengedepankan lembaga antirasywah sebagai garda terdepan untuk bersinergi dengan aparat penegak hukum lainnya.

"Itu janji kami, harapan kami. Kami mohon kiranya dewan pengawas sebagai organ baru dapat diterima dengan baik," kata Tumpak saat memberikan sambutan di acara serah terima jabatan dan pisah sambut, di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (20/12).

Menurut dia, pengesahan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 hasil revisi UU 30/2002 tentang KPK yang di dalamnya ada kehadiran dewan pengawas, sempat menjadi masalah pelik dan menyentuh hati nurani seluruh pegawai KPK termasuk dirinya.


Baca juga: Dewas KPK bakal Buat Kode Etik


"Tapi sudah, yang sudah terjadi UU sudah disahkan, sudah dimuat dalam lembaran negara. Mari sama-sama kita laksanakan itu dengan baik. Kalaupun nantinya ada kekurangan di sana sini, mungkin secara perlahan-lahan kita dapat sempurnakan kembali. Itu harapkan saya."

Ia pun meminta dukungan dan doa restu dari seluruh pegawai untuk hadir dan menjalankan tugas sebagai organ baru di lingkungan KPK. Dewan pengawas diakuinya tetap berkomitmen bahwa pemberantasan korupsi harus dituntaskan dengan mengedepankan peran KPK menjadi garda terdepan.

"Kami mohon kiranya sebagai organ baru dapat diterima dengan baik. Mohon doa restu supaya apa yang disebut dalam UU dapat kita laksanakan dengan baik. Bahkan kita bisa memperkuat KPK dan lebih kuat lagi dari yang sebelumnya," pungkasnya. (OL-1)

 

BERITA TERKAIT