20 December 2019, 22:40 WIB

Menkominfo Pastikan Konektivitas Palapa Ring


MI | Ekonomi

MI/Pius Erlangga
 MI/Pius Erlangga
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate

MENTERI Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate Jumat (20/12) mengunjungi lokasi akses internet dan Network Operation Center (NOC) Proyek Palapa Ring di beberapa wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Ia ingin melihat langsung kesiapan akses internet yang dibangun Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti), Kemenkominfo, selaku penyedia jasa telekomunikasi di daerah-daerah tertinggal, terpencil dan terluar, serta perbatasan di sana.

“Di Provinsi NTT, Bakti telah menyediakan akses internet di 667 lokasi seperti di sekolah, puskesmas, BLK, dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN),” jelas Johnny saat berada di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Kesiapan akses internet merupakan bagian dari rencana pemerintah yang tengah bertransformasi menuju ‘digital nation’.

Solusi ekosistem yang disiapkan Bakti meliputi sektor pendidikan, kesehatan, agribisnis (nelayan, kelautan, dan pertanian), pariwisata, dan e-commerce.

Johnny menambahkan, pemerintah terus mengupayakan pemerataan akses internet tersebut bukan hanya di wilayah Jawa tetapi juga di desa-desa di seluruh Indonesia, sehingga gerak langkah pembangunan dan target-targetnya akan dinikmati oleh seluruh penduduk di Indonesia.

Menkominfo mengapresiasi penyedia jasa internet di wilayah NTT yang telah membantu pemerintah dalam menyukseskan konektivitas digital.

“Tugas selanjutnya adalah bagaimana infrastruktur ini menjadi konektor yang menghubungkan sentra-sentra produksi dan aktivitas usaha masyarakat dengan marketplace, sehingga ekonomi digital dapat tumbuh dan memberi kesejahteraan serta perbaikan ekonomi bagi masyarakat,” ujar Johnny.

Saat ini, Provinsi NTT sudah memiliki 115 base transceiver station (BTS) yang tersebar di 13 Kabupaten yakni Alor, Belu, Flores Timur, Kupang, Lembata, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Nagakeo, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, dan Timor Tengah Utara. Rencananya, pada 2020, seluruh BTS itu sudah berteknologi 4G.

Selain itu, terdapat Network Operation Center (NOC) Palapa Ring (backbone fiber optic) di lima wilayah yaitu Waingapu, Sabu, Baa, Kupang, dan Alor. (Hil/JL/E-2)

BERITA TERKAIT