20 December 2019, 19:05 WIB

Kiat Rumah Aman Saat Liburan


Thalatie K Yani | Weekend

LIBURAN natal dan tahun baru sudah depan mata. Bagi yang merayakan natal tentunya berkumpul dengan keluarga di kampung halaman menjadi kegiatan rutin yang menyenangkan.

Bagi mereka yang tidak memiliki asisten rumah tangga, meninggalkan rumah terkadang khawatir akan keamanan rumah. Biasanya maling pun sudah memantau rumah kosong yang ditinggalkan penghuninya dalam jangka waktu lama.

Berikut sejumlah kiat aman meninggalkan rumah yang disitat dari Rumah123.

1. Memberitahu Pengurus RT
Sebelum liburan, sebaiknya lapor pengurus rukun tetangga (RT) berapa lama anda meninggalkan rumah. Biasanya pengurus RT akan mendata warga yang meninggalkan rumah hingga bisa mengantisipasi keamanan lingkungan setempat. Langkah ini juga dilakukan saat mudik lebaran.

2. Memberitahu Petugas Keamanan
Selain itu, jangan lupa beritahukan petugas keamanan anda tidak ada di rumah. Apalagi anda yang tinggal di komplek perumahan, petugas keamanan akan memantau rumah anda.

3. CCTV
Anda pun bisa melakukan langkah antisipasi dengan memasang closed circuit television (CCTV). CCTV bisa dipasang di dalam dan luar rumah, jangan lupa dikoneksikan dengan ponsel pintar anda. Sehingga anda tetap bisa memantau saat berada di kampung.

4. Pasang Fitur Smarthome
Opsi lain ialah memasang fitur smarthome, seperti kunci rumah dan lampu. Kunci rumah pintar ini biasanya hanya bisa diakses dengan sidik jari pemilik rumah dan ponsel pintar saja.

Fitur pengatur lampu rumah juga wajib ada. Fitur ini akan mengatur lampu menyala menjelang malam hari dan mematikan lampu saat pagi hari. Pasalnya maling kerap mengetahui rumah kosong dari lampu teras yang menyala di saat siang. (M-3)

BERITA TERKAIT