20 December 2019, 12:41 WIB

Tak Perlu Bikin Anak Usaha, BRI Akan Disinergikan dengan Sarinah


Antara | Ekonomi

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
 ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri BUMN Erick Thohir

MENTERI BUMN Erick Thohir akan mensinergikan Sarinah dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam rangka mendongkrak pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Saya rasa nanti masing-masing bank itu punya fokusnya, memang BRI yang terbesar dan nanti akan kita sinergikan dengan Sarinah," ujar Erick Thohir di Jakarta, hari ini.

Erick mengatakan bahwa terkait upaya untuk mendongkrak UMKM, BRI tidak perlu membentuk anak perusahaan lagi.

"BRI bersinergi dengan Sarinah di mana BRI juga mendukung Sarinah terkait pembiayaan atau keahlian (expertise) yang sudah ada pada hari ini mengenai kuratornya bersama bapak Menteri Koperasi dan UKM salah satunya untuk mensinergikan itu," kata Menteri BUMN tersebut usai menghadiri event UMKM Export BRILian Preneur 2019 yang digelar bank BRI.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka acara UMKM Export BRILian Preneur 2019 yang digelar bank BRI pada Jumat di Jakarta Convention Center.

Pembukaan acara tersebut dihadiri pula oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menkop UKM Teten Masduki, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Direktur BRI Sudarso dan sejumlah petinggi lainnya serta pembeli dan investor lainnya.

Sebelumnya Teten Masduki dan Erick Thohir membahas perubahan konsep Sarinah menjadi mal hanya untuk produk-produk usaha mikro kecil dan menengah lokal Indonesia.

Teten mengatakan bahwa sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Sarinah akan menjadi showroom untuk produk-produk UMKM.

Sarinah akan diubah menjadi showroom bagi 100 persen produk lokal Indonesia yang akan dijual di mal tersebut.(OL-4)

BERITA TERKAIT