20 December 2019, 09:47 WIB

Antisipasi Teror, Jemaah Natal Dihimbau Tidak Bawa Tas Besar


Yurike Budiman | Megapolitan

MI/ANDRI WIDIYANTO
 MI/ANDRI WIDIYANTO
Suasana perayaan natal di Gelora Bung Karno, Sabtu (7/12/2019).

MENJELANG Natal, pasukan gabungan dari Polri-TNI bersama sejumlah organisasi masyarakat melakukan pengamanan untuk 250 gereja yang tersebar di Jakarta Utara.

Guna mengantisipasi aksi terorisme, Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes pol Budhi Herdi Susianto mengimbau masyarakat khususnya umat Kristiani agar tidak membawa barang dan tas besar saat beribadah nanti.

"Kami menghimbau kepada jemaat yang melaksanakan ibadah silakan melaksanakan ibadah tapi diupayakan dan kami himbau tidak membawa barang-barang yang besar, tas-tas besar. Kalau memang ada tas kecil yang isinya hanya Alkitab, silakan dibawa tapi tidak perlu membawa tas belanjaan atau tas besar yang mungkin memakan tempat," kata Budhi usai melakukan apel Operasi Lilin Jaya, semalam.

Terkait terorisme, Budhi menyampaikan bahwa hal tersebut sudah tercatat dalam sambutan tertulis dari Kapolri Jenderal Idham Azis yang mengatakan ada 12 kerawanan dalam Operasi Lilin Jaya 2019 ini.

"Salah satunya adalah terkait dengan terorisme. Oleh karena itu sesuai dengan SOP, kami sudah bersinergi dengan TNI, pemerintah daerah, institusi terkait untuk melaksanakan pengamanan sesuai dengan standar operasional prosedur," ujar Budhi.

Dengan melakukan pengamanan sesuai SOP, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan jemaat sebelum memasuki gereja.

"Artinya sebelum pelaksanaan kegiatan, kita akan lakukan sterilisasi, kemudian kita juga akan melakukan pengamanan atau pemeriksaan terhadap barang-barang bawaan. Tentunya bekerjasama dengan pengamanan dalam gereja itu sendiri," tutup dia. (Medcom.id/OL-4)

BERITA TERKAIT