19 December 2019, 21:10 WIB

Gibran Belajar Politik di Forum 628 Solo


Widjajadi | Politik dan Hukum

BAKAL calon wali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bertemu sejumlah tokoh senior PDIP yang tergabung dalam Forum 628, di Solo, Kamis (19/12).

Gibran mengaku, langkah yang dilakukanya tersebut bagian dari proses belajar politik sesuai dengan perintah Ketua DPC PDIP FX Hadi Rudyatmo.  

"Apa yang saya laksanakan ini bagian dari perintah dari Pak Rudy. Saya kan harus belajar dulu. Lha ini tadi saya belajar dari tokoh-tokoh senior (PDI-P) di sini," ungkap ayah dari Kan Ethes dan La Lembah itu kepada wartawan usai bertemu dengan sejumlah tokoh senior PDIP Kota Solo.

Para senior 'banteng moncong putih' yang diajak sharing putra sulung Presiden Jokowi itu dulu dikenal sebagai barisan aktivis  ProMega Forum 628.

Pertemuan yang digelar di kediaman Sonny Wardhana, salah satu bagian dari Forum 628. Terlihat dalam pertemuan itu adalah kader gaek PDIP yang pernah menjabat Ketua DPRD Kota Solo, Haryadi Saptono, dan ada juga fungsionaris PAC PDIP Kecamatan Serengan.

Sebelumnya Gibran juga sempat belajar dengan sejumlah pedagang pasar dan juga warga Solo.

Bos Markobar itu menyatakan, bahwa proses belajar yang dia lakukan, memang dengan beragam elemen masyarakat.

"Jadi tidak hanya dengan para aenior yang ada di PDIP, tapi  juga kalangan pedagang dan bahkan dengan warga biasa," timpal suami Selvi Ananda itu dengan senyum khasnya.

Pemilik katering Chili Pati itu memanfaatkan kesempatan blusukan untuk belajar berbagai hal, untuk memperkaya khasanah kehidupan sosial dan politik serta budaya.Termasuk saat bertemu dengan elite DPP PDIP, seperti Puan Maharani dan juga Bambang Wuryato adalah dalam kerangka belajar.

''Jadi blusukan saya ke berbagai kesempatan, termasuk bertemu Mbak Puan dan juga Pak Bambang Pacul untuk proses belajar," tegas Gibran sekali lagi .

Yang jelas, pungkas cucu Soejiatmi ini, bahwa sebagai kader PDI-P ke depan, dirinya harus bisa ikut membesarkan PDIP dengan cara gotong royong.

''Jadinya harus melibatka semua elemen. Dari sinilah saya harus belajar, baikndengan struktural maupun kultur," pungkas dia.

Sedang Haryadi Saptono sebagai tokoh yang dituakan mengatakan, dalam silaturahmi dengan Gibran, selain bertukar pikiran, juga memberikan gambaran, bahwa upaya pencalonan putra sulung Presiden Jokowi sebagai bakal calon yang mendaftar lewat DPD PDIP itu sah.

"Sehingga kami dari keluarga besar PDI-P juga sepakat untuk bisa berjuang bersama-sama untuk memberikan dukungan kepada dia," kata Haryadi.

Sebelumnya saat bersamaan, sedikitnya 100 orang barisan Banteng Solo Tengah menegaskan dukungannya kepada pasangan bakal calon Achmad Purnomo-Teguh Purnomo yanv mendapatkan penugasan dari DPC PDIP Solo, dan berharap yang mendapatkan rekomendasi dari Ketua Umum PDIP.( OL-11)

BERITA TERKAIT