19 December 2019, 20:11 WIB

PDIP Optimistis Posisi Wagub DKI Terisi Januari 2020


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Antara
 Antara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menargetkan posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta sudah terisi pada awal tahun depan.

Hal ini disampaikan oleh politikus PDI Perjuangan Hendra Gunawan yang hadir dalam diskusi DKI 2 bertema 'Mencari Pendamping Anies, Mungkinkah Cawagub Alternatif?' di Gedung Joeang 45, Jakarta Pusat, Kamis (19/12).

"Ketua DPRD DKI yang juga kader PDIP sudah menyatakan Januari harus ada wagub. Sudah ada statement itu dari beliau," ungkap Hendra.

PDIP sebagai pemegang kursi terbanyak di DPRD DKI Jakarta pun merasa peran wagub sangat penting dalam membantu tugas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membangun Ibu Kota.

 

Baca juga: Sembari Bersepeda, Anies Nikmati Christmas Carol di Bundaran HI

 

Menurut Hendra, kosongnya kursi wagub diduga menjadi salah satu pemicu munculnya isu-isu kontroversial di Jakarta belakangan ini. Hal itu sebagai tanda Anies telah mulai lelah memimpin Jakarta sendirian.

"Contohnya muncul lem aibon kemarin dalam pembahasan APBD. Belum lagi isu diskotek Colosseum yang dapat penghargaan. Saya kira Pak Anies ini kan jadi mudah baper. Kalau punya wagub, daripada dia sibuk baper dan berkata-kata kan jadi ada teman diskusi," ungkapnya.

Untuk itu, PDIP menilai Anies tidak boleh terlalu lama dibiarkan sendiri memimpin Jakarta. Masalah Jakarta sangat banyak yang perlu dituntaskan. Belum lagi penyerapan anggaran di penghujung tahun juga menjadi sorotan.

Untuk diketahui hingga kini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum didampingi wagub setelah mundurnya Sandiaga Uno yang maju sebagai cawapres pada Pilpres 2019.

Pengganti Sandiaga pun belum terpilih karena berlarutnya proses pemilihan wagub antara Gerindra dan PKS yang belum menemukan titik kesepakatan. (OL-8)

BERITA TERKAIT