19 December 2019, 19:42 WIB

Angin Terjang Pendapa Kabupaten Malang


Bagus Suryo | Nusantara

Ilustrasi
 Ilustrasi
Angin kencang

ANGIN kencang menerjang kawasan Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (19/12). Selain mengakibatkan pohon tumbang, angin kencang juga merusak bangunan pendapa Pemerintah Kabupaten Malang.

"Iya angin kencang, tidak apa-apa, ada kaca pecah dan pohon tumbang," tegas Kepala BPBD Kabupaten Malang Bambang Istiawan.

Bambang mengungkapkan hujan deras disertai angin kencang itu melanda kawasan Kepanjen pada sore hari. Sejauh ini, petugas BPBD masih mendata kerusakan.

Memang, lanjut Bambang, hujan tidak begitu lama. Tapi, hujan deras disertai angin kencang membuat sejumlah pohon tumbang dan ranting-ranting pohon berserakan di sekitar Jalan Panji, Kepanjen. Kini, petugas BPBD melakukan upaya pembersihan di lokasi.

Selama Desember 2019 ini, katanya, ada sekitar 10 bencana angin yang merusak rumah-rumah warga dan fasilitas umum.

"Seluruhnya sudah ditangani oleh BPBD," imbuhnya.

Sedangkan sejak Januari sampai Desember 2019, ada sekitar 80 bencana mulai banjir, tanah longsor, angin puting beliung, kebakaran hutan dan kekeringan.

"Kami mengimbau warga agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Bagi warga yang bermukim di lereng tebing curam agar berhati-hati. Saat hujan disertai angin agar mewaspadai pohon tumbang," tuturnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT