19 December 2019, 18:39 WIB

Polri: Ini Konsensus Merayakan Natal di Dharmasraya


Antara | Politik dan Hukum

MI/M Irfan
 MI/M Irfan
Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Asep Adi Saputra 

PIHAK kepolisian memastikan tidak ada pelarangan ibadah bagi umat Kristiani dalam merayakan Natal di Sumatra Barat.   

"Pemerintah kabupaten setempat sudah menegaskan bahwa tidak ada larangan ibadah," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Asep Adi Saputra di Jakarta, Kamis (19/12).

Saputra menyebut, pemerintah daerah setempat memang mempunyai perjanjian terkait ibadah Natal, yaitu bahwa kebaktian Natal dilaksanakan umat Kristen di gereja-gereja.

Namun bila para jemaat melaksanakan kebaktian Natal di rumah warga, pemda setempat akan meminta agar ibadah dipindahkan ke tempat ibadah resmi.

"Ada konsensus perjanjian dengan masyarakat setempat bahwa kegiatan ibadah dipersilakan diadakan di tempat ibadah resmi dan di rumah secara pribadi. Bila jemaat melaksanakan ibadah di rumah, pemkab akan meminta agar ibadah dilaksanakan di tempat ibadah resmi," katanya.

Ia menyatakan, TNI dan kepolisian bekerja sama dengan pemerintah kabupaten setempat menjaga pelaksanaan konsensus ini. "Untuk itu pihak kepolisian bekerja sama dengan pemerintah kabupaten untuk betul-betul menjaga konsensus ini agar semuanya bisa terjaga dan pihak kepolisian khususnya di-back up oleh TNI, bekerja sama dengan pemerintah daerah memberikan jaminan itu. Tidak ada sama sekali larangan terhadap kegiatan-kegiatan pelaksanaan ibadah menjelang Natal ini," kata dia. (X-15)

Baca juga: Ini Kronologi Pelarangan Misa Komunitas Katolik di Dharmasraya

Baca juga: Komnas HAM Pastikan Warga di Dharmasraya sudah Boleh Bernatalan

Baca juga: Pemkab Dharmasraya Bantah Adanya Pelarangan Ibadah Natal

BERITA TERKAIT