19 December 2019, 17:34 WIB

Tiga Figur Calon Dewan Pengawas KPK Dinilai Bernyali Besar


Golda Eksa | Politik dan Hukum

 MI/PIUS ERLANGGA
  MI/PIUS ERLANGGA
Mantan Hakim Mahkamah Agung, Artidjo Alkostar disebut namanya masuk daftar calon Dewan Pengawas KPK.  

ANGGOTA Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Benny Susetyo menilai tiga figur yang disebut Presiden Joko Widodo masuk bursa calon anggota dewan pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), memiliki integritas dan kemampuan untuk membuat lembaga antirasuah semakin bernyali.

"Karena rekam jejak dan prestasinya selama ini, saya rasa mereka pantas menjadi dewan pengawas KPK," ujar Benny ketika dihubungi Media Indonesia, Kamis (19/12).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengungkap sejumlah nama yang diusulkan sebagai Dewas KPK. Mereka ialah hakim Albertina Ho, mantan Ketua KPK Taufiqurrahman Ruki, dan mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar.

"Nama-nama sudah masuk tapi belum difinalkan karena, kan hanya lima. Ada dari hakim, ada dari jaksa, ada dari mantan akademisi, ada dari ahli pidana," ujar presiden saat berada di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Benny berharap ketiga figur itu harus mampu membawa KPK sebagai lembaga yang berani mencegah pelbagai tindakan korupsi, termasuk membangun sistem pengawasan.

"Harapan publik, mereka harus membuktikan bahwa mereka pantas membawa KPK lebih baik dalam membangun sistem pengawasan dan pencegahan. Itu dilakukan agar korupsi bisa dicegah semaksimal mungkin."

Anggota Gerakan Suluh Kebangsaan, itu mengingatkan agar para kandidat anggota dewas KPK responsif menjawab tuntutan masyarakat terkait pemberantasan korupsi di negeri ini.

"Mereka punya kuasa untuk menjalankan tugas membuat KPK memiliki kredibilitas. Dan di tangan mereka pula kepercayaan publik dipertaruhkan," tandasnya. (Gol/OL-09)

BERITA TERKAIT