19 December 2019, 15:00 WIB

Arus Kendaraan ke Puncak Akan Diitutup Pada Malam Tahun Baru


Benny Bastiandy | Nusantara

Antara
 Antara
Arus kendaraan arah Cianjur menuju Puncak pada 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 ditutup untuk umum.

KEPOLISIAN Resor Cianjur, Jawa Barat, akan merekayasa lalu lintas pada malam Tahun Baru 2020 dengan cara menutup arus kendaraan dari arah Cianjur menuju Puncak pada 31 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020. Bagi pengendara yang akan menuju ke Puncak ataupun Jakarta, bakal dialihkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi.

Kapolres Cianjur Ajun Komisaris Besar Juang Andi Priyanto mengatakan menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, pengamanan yang akan dilakukan melibatkan berbagai unsur, seperti TNI, jajaran Pemkab Cianjur, serta organisasi taktis lain. Mengawali pengamanan tersebut, digelar Apel Siaga Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2019 di halaman Mako Polres Cianjur, Kamis (19/12/2019).

"Pada malam Tahun Baru 2020, kami akan laksanakan rekayasa lalu lintas berupa penutupan arus kendaraan ke arah Puncak mulai 31 Desember," kata Juang kepada wartawan seusai apel.

Pada Operasi Lilin Lodaya 2019, dikerahkan sebanyak 1.115 personel gabungan. Mereka akan ditempatkan di 12 pos pengamanan dan 6 pos pelayanan tersebar di semua wilayah.

"Ada beberapa wilayah yang kami waspadai rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Seperti Cianjur menuju Puncak, Cianjur menuju Jonggol, Cianjur menuju ke Bandung, serta Cianjur menuju ke Sukabumi," jelas Juang.

Bersamaan Apel Siaga Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2019, digelar juga pemusnahan sebanyak 3.450 botol minuman keras hasil operasi penyakit masyarakat. Polres Cianjur juga mewaspadai peredaran miras dan narkoba menjelang malam pergantian tahun.

"Wilayah yang rawan peredaran narkoba berada di jalur-jalur utama dan jalur-jalur alternatif. Semua wilayah kami waspadai rawan peredaran narkoba," tandasnya.

Kasatlantas Polres Cianjur Ajun Komisaris Ricky Adipratama menambahkan penutupan kendaraan pada malam Tahun Baru di wilayah hukum Polres Cianjur akan dilaksanakan mulai dari Bundaran Tugu Ngaos Mamaos dan Maenpo. Ricky mengaku segera berkoordinasi dengan Polres Bogor dan Polres Sukabumi Kota serta Polres Sukabumi karena dipastikan volume kendaraan menuju Bogor atau Jakarta akan melalui jalur-jalur alternatif.

"Kami punya tim urai yang setiap saat siap mengurai seandainya terjadi penumpukan kendaraan," kata Ricky.

baca juga: Banyuwangi Optimistis Kunjungan Wisatawan Meningkat saat Natal

Polres Cianjur juga mengantisipasi kemacetan di ruas-ruas perkotaan karena dipastikan masyarakat tumpah ruah. Caranya dengan melakukan berbagai rekayasa.

"Iya pasti di pusat perkotaan juga kami antisipasi dengan melakukan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan saat malam Tahun Baru," pungkasnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT