19 December 2019, 14:59 WIB

Jendi Panggabean Ingin Pertahankan Tradisi Emas ASEAN Para Games


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

MI/Surmayanto Bronto
 MI/Surmayanto Bronto
Atlet renang paralimpik andalan Indonesia, Jendi Panggabean.

PERENANG andalan Indonesia, Jendi Panggabean tak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk kembali memboyong medali emas jelang multiajang ASEAN Para Games 2019 di Manila, Filipina.

Maklum, perenang berusia 28 tahun itu berhasil meraih lima medali emas di ASEAN Para Games 2017 Malaysia.

Ia pun menjadi andalan tim renang Merah-Putih yang menargetkan 30 emas dari 92 nomor yang diikuti.

Jendi yang merupakan atlet dengan klasifikasi S9 (keterbatasan fisik bagian kaki) akan turun di lima nomor dan menargetkan kelimanya emas.

"Untuk saya pribadi, target ini memang lumayan berat karena saya harus mempertahankan raihan lima medali di APG 2017 Malaysia kemarin," ujar Jendi Pangabean, Kamis (19/12/2019).

"Siap tidak siap karena memang dari awal kita ditargetkan untuk juara umum, dan mudah-mudahan bisa tercapai," tambahnya.

Jendi sendiri akan turun di lima nomor pada ASEAN Para Games 2020. Nomor-nomor yang akan diikutinya antara lain 100 meter gaya kupu-kupu, 100 meter gaya punggung, 200 meter gaya ganti, serta dua nomor estafet yakni 4x100 meter gaya bebas, dan 4x100 meter gaya ganti.

Programnya sudah pra-pertandingan ya sudah tiga minggu lagi. Jadi memang sudah hampir 95 persen siap bertanding," ucap Jendi saat ditemui di Kolam Renang Kopassus, Solo, Jawa Tengah, Kamis (19/12).

Peraih medali perunggu di Asian Para Games 2018 ini mengaku masih buta perkembangan lawan-lawannya nanti di Filipina. Pasalnya, Jendi dalam satu tahun terakhir jarang ikut turnamen internasional karena fokus pelatnas di Solo.

"Kalau berkaca dari SEA Games Malaysia 2017 sih ya mungkin kita tak tau juga ya perkembangan atlet, karena kita jarang ikut, jadi kita kurang tahu juga peta kekuatan satu tahun terakhir ini," ucap Jendi. (Ykb/OL-09)

BERITA TERKAIT