19 December 2019, 13:45 WIB

TNI Siap Bantu Korban Banjir Jakarta


Candra Yuri Nuralam | Megapolitan

ANTARA/Aprillio Akbar
 ANTARA/Aprillio Akbar
Pangdam Jaya Mayjend TNI Eko Margiyono

PANGDAM Jaya Mayjend TNI Eko Margiyono meminta seluruh jajaran TNI untuk siap membantu masyarakat jika banjir terjadi di Jakarta. TNI juga diminta bergerak cepat jika banjir melanda Jakarta.

"Ini tidak lagi siapa yang duluan. Jika ada banjir, satuan yang terdekat harus menolong masyakarat," kata Eko saat memberi amanat dalam apel kesiapan Operasi Lilin Jaya 2019 di Mapolda Metro Jaya, Kamis (19/12).

Eko mengatakan Jakarta merupakan daerah yang rentan banjir. Banjir sedikit pun bisa langsung menganggu aktivitas masyarakat.

"Kemarin, baru hujan deras saja beberapa titik sudah terjadi genangan air, tetapi dampaknya dirasakan oleh masyarakat," ujar Eko.

Baca juga: Polisi Petakan Area Rawan Kecelakaan

Eko tidak ingin pasukannya ogah membantu masyarakat jika banjir terjadi. Menurutnya, sudah tugas TNI untuk mengayomi dan membantu masyarakat.

"Seluruh pasukan kalau bisa bantu silahkan, kalau ada mobil mogok pun juga," tegasnya.

Dia juga meminta masyarakat untuk bekerja sama dengan TNI Polri jika hujan besar yang berpotensi banjir terjadi. Salah satunya dengan tidak memarkirkan kendaraannya di bawah terowongan untuk berteduh.

"Saya juga meminta masyarakat kalau hujan jangan berteduh di terowongan, karena kemacetan akan terjadi dimana mana," tutur Eko. (OL-2)

BERITA TERKAIT