19 December 2019, 12:00 WIB

Fadli Jadi Andalan Balap Sepeda di ASEAN Para Games 2020


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

AFP/BAY ISMOYO
 AFP/BAY ISMOYO
Atlet para balap sepeda Indonesia Muhammad Fadli

INDONESIA memiliki kans meraih medali emas dari cabang olahraga Para Balap Sepeda ASEAN Para Games 2020 melalui Muhammad Fadli.

Hal itu diungkapkan Pelatih Kepala Balap Sepeda Fadhilah Umar sebelum mengawal skuatnya berlatih dengan bersepeda ke Boyolali dari Solo, Jawa Tengah, Kamis (19/12) pagi.

"Sesuai dengan arahan National Paralympic Committee (NOC), Indonesia, kita diberi target satu emas, empat perak, dan empat perunggu," ucap Umar.

Fadli bakal turun di nomor bergengsi yaitu individual time trial (ITT) C4 di Filipina.

Peraih medali emas di nomor individual putra C4 4.000 meter di Asian Para Games 2018 ini juga akan turun di dua disiplin lainnya, yakni kriterium dan road race.

Baca juga: Kemenpora Dorong Cabor Tertib Anggaran agar Pelatnas Lancar

Tidak hanya Fadli, ada 10 pesepeda dengan klasifikasi C1-C3, C4, dan C5 dipersiapkan untuk menjemput target medali di Filipina.

"Dari Mei sampai sekarang. Progres sudah bagus, tinggal siap tanding. Sekarang sudah 85% untuk turun di ASEAN Para Games,: ucap Umar.

Menurut Umar, penantang serius Fadli dalam merebut medali emas ialah Malaysia. Pasalnya, tim sepeda Negeri Jiran itu sudah lebih dulu membina para atletnya.

Di sisa waktu yang tersisa, Fadli dkk bakal digenjot untuk memertahankan kondisi daya tahan dengan berlatih dua kali dalam seminggu

"Hari Senin, kira-kira jarak 100-120km dan rutenya bisa rolling atau datar. Kemudian pada Sabtu. Lainnya itu kita untuk interval power speed, di hari Rabu sama Jumat," ucapnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT