19 December 2019, 08:10 WIB

Puluhan Orang Terluka dalam Demonstrasi Saat El Clasico


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

DEMONSTRAN bertopeng membakar tempat sampah serta melemparkan batu dan botol ke arah polisi yang membalas menggunakan pelutu busa dalam bentorkan di luar Stadion Camp Nou saat Barcelona berhadapan dengan Real Madrid di laga El Clasico pertama musim ini, Kamis (19/12) dini hari WIB.

Sebanyak 46 orang terluka ringan termasuk delapan orang yang harus dilarikan ke rumah sakit. Sebanyak lima orang ditangkap polisi dalam insiden itu.

Demonstran yang mayoritas membawa bendera Catalan memasang barikade di tengah jalan dan kemudian membakarnya saat polisi tiba.

Baca juga: Minim Peluang, El Clasico Berakhir Imbang tanpa Gol

Para demonstran kemudian menimpuki mobil polisi dan merobohkan rambu-rambu jalanan yang kemudian mereka tambahkan ke barikede itu.

Demonstrasi itu mereda setelah para pendukung meninggalkan stadion di akhir laga El Clasico yang berakhir imbang tanpa gol.

Ini merupakan bentrokan pertama di Catalonia sejak Oktober ketika pengadilan Spanyol memenjarakan sembilan pemimpin separatis Catalonia atas peran mereka dalam referendum kemerdekaan pada 2017.

Laga El Clasico itu seharusnya digelar pada Oktober namun ditunda karena aksi demonstrasi di kawasan Catalan. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT