19 December 2019, 08:04 WIB

Menristek Serahkan Traktor Tangan Ramah Lingkungan ke Unwidha


Djoko Sardjono | Nusantara

MI/Djoko Sardjono
 MI/Djoko Sardjono
Menristek/BRIN Bambang Permadi Soemantri Bojonegoro saat menyerahkan traktor tangan kepada Unwidha Klaten, Rabu (18/12/2019).

MENTERI Riset dan Teknologi RI/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Permadi Soemantri Brojonegoro, berkunjung ke Kampus Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten, Rabu (18/12/2019) sore. Dalam kunjungan singkat di kampus universitas tersebut, Menristek/BRIN menyerahkan satu unit traktor tangan (hand tractor) yang diterima
langsung oleh Rektor Unwidha Klaten, Triyono.

Sebelum singgah di Kampus Unwidha, Menristek/BRIN berkunjung di Pusat Pengembangan Sapi Gama dan Bengkel Ternak di Desa Jambakan, Kecamatan Bayat, Klaten. Traktor tangan yang diserahkan kepada Unwidha Klaten berbeda dengan traktor yang beredar di pasaran.

"Alsintan (alat mesin pertanian) ini ramah lingkungan lingkungan dan hemat bahan bakar. Karena, bahan bakar yang digunakan bukan minyak diesel, tapi LPG (liquified petroleum gas)," kata Menristek.

Dengan menggunakan bahan bakar gas pengoperasian alsintan ini lebih efisien dan ramah lingkungan, serta tidak menyumbang pemanasan global. Alsintan hasil riset Kemenristek tersebut, diharapkan  dapat dipergunakan mahasiswa studi Teknologi Hasil Pertanian Unwidha dan masyarakat guna mendukung produktivitas hasil pertanian di Klaten.

baca juga: Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Yogyakarta

"Klaten merupakan daerah lumbung padi dan penyangga pangan nasional. Karena itu, dengan traktor berbahan bakar gas diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian di daerah ini," imbuhnya.

Sementara, Rektor Unwidha Triyono mengatakan akan mempelajari prosedur penerimaan bantuan alsintan itu, yakni yang terkait ketentuan hak dan kewajiban dalam pemakaian traktor tersebut. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT