18 December 2019, 21:50 WIB

Gubernur Minta Pengerjaan Bandara JB Soedirman Dikebut


Liliek Dharmawan | Nusantara

  Dok Humas Pemprov Jateng
  Dok Humas Pemprov Jateng
Gubernur Ganjar Pranowo menyempatkan melihat perkembangan pengerjaan Bandara Wirasaba, Purbalingga, Rabu (18/12/2019). FOTO : Dok Humas Pemp

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta agar pengerjaan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman yang berada di Wirasaba, Bukateja, Purbalingga, dikebut.

Pasalnya, sampai sekarang, pengerjaan landasan pacu untuk Bandara JB Soedirman baru mencapai 14%. Pengerjaan itu masih kalah jika dibandingkan dengan pembangunan Bandara Ngloram di Blora yang kini pengerjaan runway telah mencapai 90%.

"Saat sekarang, ada dua bandara yang tengah dibangun di Jateng. Yakni Bandara Ngloram di Blora dan Bandara JB Soedirman di Purbalingga. Hingga kini, progres pembanguan runway di Ngloram telah mencapai 90%, sedangkan di JB Soedirman baru mencapai 14%. Sehingga perlu ada treatment khusus untuk merealisasikan secepatnya," kata Gubernur pada saat pengecekan pembangunan Bandara JB Soedirman, Rabu (18/12).


Baca juga: Bandara Syamsudin Noor Diharapkan Layani Penerbangan Luar Negeri


Menurut Gubernur, sebagai tahap awal landasan pacu dibangun sepanjang 1,6 kilometer. Kemudian tahap selanjutnya diperpanjang hingga 2,5 km.

Guna merealisasikan itu, Pemprov Jateng telah mengucurkan Rp50 miliar untuk pembebasan 69 bidang tanah.

"Harapan kita pada Lebaran tahun depan bandara tersebut bisa digunakan pendaratan pesawat. Setelah pengerjaan runway ini beres, kurang lebih 3-4 bulan, akan dilanjutkan pengaspalan. Mudah-mudahan Lebaran bisa kita pakai, minimal untuk uji coba. Kalau 1,6 km ya paling pesawat ATR," ujar Ganjar. (OL-1)

BERITA TERKAIT