18 December 2019, 20:22 WIB

Arteta Nyaris tak bisa Bermain Bola karena Masalah Jantung


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

AFP
 AFP
Mikel Arteta

ASISTEN pelatih Manchester City yang dikabarkan bakal menjadi pelatih Arsenal, Mikel Arteta pernah menjalani operasi jantung. Operasi ini menyelamatkan jiwanya ketika masih balita.

Sebelum mantan kapten Everton itu menjadi bintang Liga Inggris, ia sempat berjuang untuk hidupnya dan membutuhkan operasi jantung darurat.

Arteta menderita kondisi langka karena hatinya tidak mendapatkan pasokan darah bersih yang memadai.

Dia membutuhkan operasi yang menurut dokter harus menghentikannya melakukan aktivitas olahraga berat di masa depan.

"Saya memiliki masalah besar dengan hati saya ketika saya masih bayi dan pada usia dua tahun saya harus menjalani operasi untuk memperbaiki banyak hal. Saya pikir saya adalah orang pertama di Spanyol yang menjalani operasi khusus itu dan para dokter mengatakan tidak ada kesempatan saya bisa melakukan kegiatan olahraga setelah itu," tandasnya.

 

Baca juga: Takumi Minamino Jalani Tes Medis di Liverpool Hari ini

 

Tetapi, kondisi tersebut tak membuat Arteta patah semangat. Ia tetap bermain sepak bola, bahkan orang tuanya tidak bisa menghentikan dirinya dari bermain.

“Tapi selama bertahun-tahun hatiku tumbuh semakin kuat dan semakin kuat dan sekarang tidak lagi menjadi masalah," ucap asisten pelatih kepercayaan Guardiola itu.

Setelah memasuki level profesional, Arteta mengatakan harus melakukan banyak pemeriksaan medis.

"Awalnya itu setiap dua bulan, lalu setiap enam dan sekarang setiap tiga atau lima tahun untuk mengecek dadaku," ujar mantan pemain Arsenal itu. (thesun/OL-8))

BERITA TERKAIT