18 December 2019, 20:01 WIB

Rusli Paloh, Kakak Surya Paloh Tutup Usia


Cindy | Humaniora

Medcom.id/Cindy
 Medcom.id/Cindy
Rumah duka Rusli Paloh, Rabu (18/12).

RUSLI Paloh, kakak Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, meninggal dunia akibat sakit jantung. Penyakit itu kembali menyerang Rusli pada Jumat (13/12) lalu.
 
"Awalnya penyakit jantung dioperasi. Selebihnya perawatan. Terakhir Jumat drop dibawa langsung ke ICU Rumah Sakit Pondok Indah," kata Ketua Rukun Tangga (RT) Lukmanul Hakim di Kediaman Rusli, Kampung Ambon, Jakarta Timur, Rabu (18/12).
 
Rusli juga sakit pada parunya. Terdapat banyak kandungan air di paru yang menyebabkan batuk. Gejala batuk itu terjadi tiga hari sebelum akhirnya Rusli dilarikan ke rumah sakit. Selama di rumah sakit, Rusli menjalani perawatan intensif.
 
"Beliau walaupun sakit, sangat kuat fisiknya. Dia menahan rasa sakit itu," ujar Lukmanul.

Baca juga: Tokoh Properti Nasional Ciputra Tutup Usia

Rusli Paloh, kakak Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, dikenal sebagai pribadi yang humoris. Dia terbuka terhadap semua orang.
 
"Beliau selalu bisa berusaha mengakomodasi orang-orang yang datang ke beliau untuk minta tolong, nasihat, dan petuah beliau," kata anak sulung Rusli Paloh, Pietra Paloh, di kediaman almarhum, Kampung Ambon, Jakarta Timur, Selasa (18/12).
 
Menurut dia, Rusli kerap menjadi sosok yang dituakan di kalangannya. Almarhum pun memiliki banyak kenalan dan pandai bergaul.

"Cukup disayangi teman dan kerabat," ucap Pietra.
  
Rusli meninggal pada usia ke-75. Rusli lahir pada 24 Februari 1944. Rusli juga dikenal ayah dari anggota band Sore, Ade Firza Paloh. Ucapan duka cita pada Ade mengalir di media sosial. (Medcom/A-4)
 

BERITA TERKAIT