18 December 2019, 19:05 WIB

Jelang Nataru, Polisi Prioritaskan Pengamanan 57 Gereja


Ferdian Ananda Majni | Megapolitan

ANTARA/AJI STYAWAN
 ANTARA/AJI STYAWAN
Polisi berjaga dalam rangkaian pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 di Gereja SPM Ratu Rosario Suci Randusari-Katedral, Semarang.

KEPOLISIAN Daerah Metro Jaya telah menyiapkan pengamanan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.  Satu satu bentuk pengamanan itu yakni dengan memprioritaskan pengamanan terhadap 57 gereja di wilayah DKI Jakarta.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus menjelaskan, gereja yang menjadi prioritas mengamanan yakni bangunan yang berdampingan dengan tempat ibadah agama lain.

Baca juga: Arus Mudik Nataru Diprediksi Meningkat

"Ada beberapa gereja yang kami skala prioritas, ada 57 gereja yang memang gereja itu berdekatan dengan tempat ibadah lain," kata Yusri Rabu (18/12).

Pihak kepolisian juga turut dibantu stakeholder terkait lainnya guna memastikan pengamanan berlangsung teratur dan tertib. Salah satunya, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nadhatul Ulama.

"Kami juga berkoordinasi dengan teman-teman ormas, salah satunya Banser kita sepakat mengamankan malam Natal," sebutnya.

Masyarakat yang hendak merayakan Natal di gereja seharusnya tidak membawa tas berukuran besar. Kata Yusri, kondisi itu agar dipatuhi agar memperlancar proses pemeriksaan pada saat masuk ke dalam gereja.

"Kita sterilisasi dari tim gegana. Kita sampaikan panitia gereja untuk menyampaikan kepada jemaat sebaiknya tidak membawa tas besar. Pada saat pemeriksaan nanti bisa memperlancar, kalau membawa tas kan memakan waktu," terangnya

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mengerahkan 10.000 personel untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru di seluruh wilayah ibu kota.

Nantinya seluruh personel itu, akan disebar di 95 pos pengamanan dan 27 pos pelayanan yang berfungsi untuk memantau keamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, Polda Metro Jaya juga akan menggelar apel pengamanan sebagai persiapan untuk mengamankan jalannya Natal dan Tahun Baru. Apel tersebut akan berlangsung pada tanggal 23 Desember 2019. (Fer/A-3)

BERITA TERKAIT