18 December 2019, 16:07 WIB

KPK Sambut Baik Artidjo di Dewan Pengawas


Adin Azhar | Politik dan Hukum

MI/Pius Erlangga
 MI/Pius Erlangga
Artidjo Alkostar 

WAKIL Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata, menyambut baik Artidjo Alkostar sebagai  Dewan Pengawas KPK. Menurutnya, posisi itu sangat tepat diemban Artidjo.

"Ya kan Pak Artidjo komitmennya tinggi untuk pemberantasan korupsi, baguslah," kata Alex di Gedung KPK, Rabu, (18/12)

Menurutnya, keberadaan Artidjo bisa memperkuat sendi-sendi penegakan hukum oleh KPK. Selain Artidjo, ada Nawawi Pomolango yang berlatar belakang hakim sebagai Wakil Ketua KPK.

"Artinya pengawasannya lebih bagus kita lebih hati-hati," kata dia.

Alex berharap Presiden Joko Widodo memilih Dewan Pengawas KPK secara proporsional, yakni bekerja bisa terkendali dan sesuai porsi. Di sisi lain, Alex juga berkomentar soal Taufiequrachman Ruki dan Albertino Ho yang digadang menjadi Dewas bersama Artidjo.

 

Baca juga: Disebut Sebagai Calon Dewas KPK, Ruki: Saya belum Dihubungi

 

Menurut dia, tak ada masalah jika Ruki dipasang Jokowi di dewan. Sebab secara kompetensi mantan ketua KPK dua periode itu sangat mumpuni. "Pasti dia paham proses bisnis di KPK, jadi ketika ada sesuatu yang berlebihan pasti dia paham," kata Alex.

Dia percaya Ruki dan Albertino menjadi pengawas KPK. Jika ada pimpinan yang melenceng dan terindikasi melanggar kode etik, maka mereka akan mengingatkan. "Kan nanti pelanggaran etik pegawai dan pimpinan kan yang memproses dewas," kata Alex.

Presiden Jokowi mengungkapkan pemilihan anggota Dewan Pengawas KPK dalam tahap finalisasi. Sosok terpilih itu akan diperkenalkan kepada publik saat pelantikan pimpinan anyar KPK, Jumat, 20 Desember

Pemilihan Dewas KPK berbeda dengan seleksi pimpinan KPK. Presiden dapat menunjuk langsung lima sosok terbaik menduduki posisi yang baru dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT