18 December 2019, 15:46 WIB

Dua Prajurit TNI Gugur, Tim Satgas Komitmen Kejar KKB Papua


Golda Eksa | Politik dan Hukum

MI/Susanto
 MI/Susanto
Kepala Bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan TNI Kolonel, Sus Taibur Rahman

TIM Satgas Penegakan Hukum TNI-Polri terus melakukan pengejaran untuk menangkap kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Pengejaran dilakukan setelah terjadi baku tembak yang menyebabkan gugurnya dua prajurit TNI.

Kepala Bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan TNI Kolonel Sus Taibur Rahman menegaskan, Satgas Gakum TNI-Polri masih memburu KKB yang diduga melarikan diri ke dalam hutan.

Upaya yang dilakukan aparat, terang dia, sekaligus untuk memastikan terjaminnya keamanan masyarakat jelang perayaan Natal.

"Satgas akan melindungi keselamatan dan memberikan rasa aman masyarakat," kata Taibur, Rabu (18/12).

Menurut dia, insiden baku tembak antara satgas dan KKB terjadi di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, terjadi sekitar pukul 15.30 WIT, Selasa (17/12). Insiden tersebut menyebabkan dua prajurit TNI gugur.

Kedua prajurit yang gugur dalam melaksanakan tugas menjamin keamanan warga ialah Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar dan Serda Rizky. Saat ini jasad kedua korban dalam proses evakuasi.

Kolonel Taibur menambahkan, tim satgas sebelumnya beberapa kali menerima informasi dari masyarakat setempat yang hendak mempersiapkan perayaan Natal. Gangguan keamanan yang dilancarkan KKB berupa intimidasi, kekerasan fisik, perampokan, perkosaan, dan perampasan harta benda.

"KKB yang melakukan gangguan keamanan itu juga diduga sebagai pelaku penembakan terhadap tiga pengemudi ojek pada Oktober 2019," kata Taibur.

Tanpa menunda waktu lama, imbuhnya, tim pun bergerak guna merespons laporan masyarakat. Pasukan lalu meningkatkan kegiatan patroli pengamanan di tempat yang disinyalir menjadi basis kegiatan KKB. Pada saat itu pula terjadi baku tembak yang merenggut nyawa dua prajurit TNI. (OL-11)

BERITA TERKAIT