18 December 2019, 12:15 WIB

Akibat Longsor, Satu Rumah Rata Dengan Tanah di Lembang


Depi Gunawan | Nusantara

MI/Depi Gunawan
 MI/Depi Gunawan
Satu rumah di Kampung Lebak Cihideung RT 2 RW 17 Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat rusak parah akibat longsor.

SATU rumah di Kampung Lebak Cihideung RT 2 RW 17 Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat rusak parah akibat tergerus longsor. Peristiwa pada Selasa (17/12/2019) sore itu dipicu setelah wilayah Lembang diguyur hujan lebat selama empat jam. Beruntung, tidak ada orang ketika rumah tersebut roboh. Namun, satu unit motor tak sempat terselamatkan dan mengalami rusak berat karena tertimpa reruntuhan material bangunan.

Ketua RT setempat, Jajang Rosadi mengatakan, begitu menerima laporan, warga langsung mengecek lokasi dan memastikan tidak ada korban luka maupun jiwa dalam bencana tersebut.

"Kejadiannya sekitar jam 17.30 WIB karena kondisi tanah labil sehingga menimbulkan longsor. Apalagi ditambah dengan saluran pembuangan air tak teratur," kata Jajang, Rabu (18/12/2019).

Pasca kejadian, warga berinisiatif gotong royong membersihkan puing-puing yang tersisa. Sisa bangunan yang masih berdiri rencananya akan dirobohkan untuk menghindari kejadian serupa.

"Perkiraan kerugian sekitar Rp 30 juta. Kalau untuk tindakan selanjutnya kami akan menunggu pemilik rumah karena kebetulan lagi kosong," ujarnya.

baca juga: Harga Bawang Merah dan Cabai Rawit di Karawang Naik

Jajang menuturkan, bencana tersebut juga menyebabkan tiga rumah lainnya terancam karena pondasi sisi tembok bangunan tergerus karena akibat hujan semalaman.

"Akses jalan warga juga terputus, mudah-mudahan aparat desa maupun instansi terkait segera memperbaiki," tuturnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT