18 December 2019, 11:50 WIB

Waspada Petir dan Hujan Malam Pergantian Tahun


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Kelas 1 Depati Amir (DA) Pangkalpinang mengimbau masyarakat yang ingin merayakan malam pergantian tahun baru 2020 tidak di atas bukit dan lapangan terbuka, agar terhindar dari bahaya petir. Imbauan tersebut disampaikan Kepala BMKG Kelas 1 Pangkalpinang, Nanang Purnadi disela-sela rakor Lintas Sektoral dalam rangka Kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Menumbing 2019 di Mapolda Babel, Rabu (18/12/2019).

"Babel ini potensi petirnya tinggi sekali, makanya kita himbau masyarakat tidak merayakan malam pergantian tahun di atas bukit atau di lapangan terbuka," kata Nanang.

Untuk hujan menurutnya, memang sudah terjadi namun puncaknya baru akan terjadi pada Februari hingga Maret 2020 mendatang.

"Hujan memang tidak terlalu ekstrem, karena puncaknya Februri nanti. Nah masyarakat harus waspada. Kita sarankan kalau ingin merayakan pergantian tahun di dalam ruangan jangan di luar sehingga tidak terganggu," ujarnya.

Sedangkan untuk pelayaran di jalur penyebaran Tanjung Kalian Muntok Bangka Barat, perlu diwaspadai tinggi gelombang faktor cuaca.

baca juga: Banyuwangi Waspadai Banjir

"Angkut penumpang sesuai dengan kapasitas jangan melebih. Cuaca saat ini ekstrem. Ini sebagai antisipasi agar tidak terjadi laka laut saat Nataru," ungkap dia.

Ia menambahkan untuk kapal kecil khususnya nelayan harus mewaspadai melaut di perairan selat Kamimata karena tinggi gelombang maksimal mencapai 2 meter. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT