18 December 2019, 13:45 WIB

Iannone Diskors karena Doping


Gregorius Gelino | Olahraga

AFP/JUAN MABROMATA
 AFP/JUAN MABROMATA
Andrea Iannone

NASIB nahas menimpa pembalap MotoGP Andrea Iannone. Pria berusia 30 tahun asal Italia itu tersandung kasus doping dan diskors Federasi Balap Motor Dunia (FIM) dengan batas waktu yang belum ditentukan.

"Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) telah memberi tahu pembalap Italia Andrea lannone bahwa ia secara proaktif diskors berdasarkan Pasal 7.9.1 FIM Anti-doping Code (CAD)," tulis FIM dalam rilis resminya.

"Keputusan sementara untuk menangguhkan Andrea lannone ini adalah wajib setelah diterimanya laporan dari laboratorium terakreditasi WADA (Agensi Anti Doping Dunia) di Kreischa b. Dresden (Jerman) yang menunjukkan temuan analitik merugikan dari zat dalam bagian 1.1.a (Steroid Androgenik Anabolik Eksogen) di daftar larangan 2019," lanjut pernyataan tersebut.

Baca juga: Reli Dakar Diharap Dongkrak Pariwisata Arab Saudi

Iannone tidak lolos tes doping ketika bertanding di MotoGP Malaysia, 3 November lalu. Skors untuk pembalap Aprilia itu pun berlaku sejak 17 Desember 2019 hingga waktu yang belum ditentukan.

"Temuan itu berdasarkan sampel urine yang dikumpulkan darinya pada uji urin yang dilakukan oleh FIM saat putaran GP Malaysia pada 3 November 2019 di Sepang. Andrea lannone memiliki hak untuk meminta dan menghadiri analisis sampel B miliknya," jelas pernyataan tersebut. (OL-2)

BERITA TERKAIT