18 December 2019, 07:57 WIB

Puncak Musim Hujan di Jateng Selatan Februari-Maret


Antara | Nusantara

MI/Lilik Darmawan
 MI/Lilik Darmawan
Banjir di Kabupaten Cilacap pada Januari 2019. BMKG memprediksikan puncak musim hujan di Jateng bagian Selatan pada Februari-Maret 2020.

PUNCAK musim hujan di sebagian besar wilayah Jawa Tengah (Jateng) bagian Selatan diprakirakan akan berlangsung pada Februari-Maret 2020. Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo menyampaikan hal itu sekaligus memperingatkan agar masyarakat mewaspadainya.   

"Berdasarkan peta pemutakhiran puncak musim hujan 2019-2020 di Jawa Tengah yang dikeluarkan BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, hanya sebagian kecil wilayah Jateng bagian Selatan yang puncak musim hujannya diprakirakan pada bulan Januari. Daerah lainnya pada bulan Februari-Maret," kata Teguh Wardoyo, Rabu (18/12/2019).

Ia mengemukakan berdasarkan peta tersebut, wilayah Jateng bagian Selatan yang diprakirakan memasuki puncak musim hujan pada bulan Januari, yakni sebagian Kabupaten Purworejo sebelah Timur.    

Sementara wilayah Jateng bagian selatan yang diprakirakan akan memasuki puncak musim hujan pada Februari, yakni wilayah tengah Kabupaten Cilacap, sebagian kecil wilayah Banyumas sebelah Barat Daya dan sebagian kecil wilayah utara terutama sekitar Gunung Slamet, sebagian kecil wilayah Purbalingga sebelah barat laut terutama sekitar Gunung Slamet, Banjarnegara bagian Timur, sebagian Kebumen sebelah utara, sebagian besar Wonosobo, dan sebagian kecil Purworejo sebelah utara.    

baca juga: Penuhi Kebutuhan Libur Nataru BI Tegal Siapkan Rp3,9 Triliun

"Selebihnya diprakirakan akan memasuki puncak musim hujan pada bulan Maret, yakni sebagian besar wilayah Cilacap, sebagian besar Banyumas, sebagian besar Purbalingga, Banjarnegara bagian barat-barat laut,  sebagian besar Kebumen, sebagian kecil Wonosobo bagian tenggara, dan sebagian besar Purworejo," tambahnya. (OL-3)

 

 

BERITA TERKAIT