18 December 2019, 07:52 WIB

Hari Ini, Jokowi akan Resmikan TPA Sampah Manggar


Andhika Prasetyo | Nusantara

KUNJUNGAN Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kalimantan Timur masih berlanjut hingga hari ini, Rabu (18/12).

Hari ini, presiden dijadwalkan meresmikan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Manggar di Balikpapan, Kalimantan.

TPA yang bisa menampung sampah hingga 420 ton per hari itu disebut memiliki teknologi sanitary landfill terbaik di Tanah Air.

"Teknologi tersebut mampu menghancurkan sampah dengan baik, bisa mengubah air sampah (lindi) menjadi sumber energi berupa gas metana. Gas tersebut kemudian didistribusikan ke rumah-rumah warga dan dimanfaatkan untuk memasak," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Danis Sumadilaga di Balikpapan, Rabu (18/12).

Baca juga: Tinjau Lokasi Istana Baru, Mobil Angkut 4 Menteri Selip di Kaltim

Saat ini, produksi gas dari air lindi sudah disalurkan ke 20 rumah warga setempat. Dalam setahun ke depan, ditargetkan penerima manfaat bisa ditambah hingga 160 rumah.

Keberhasilan TPA Sampah Manggar dalam mengonversi sampah menjadi sumber energi, lanjut Danis, akan diaplikasikan di TPA-TPA lain di Indonesia.

"Teknologi ini sangat mungkin diterapkan di tempat lain, tidak terkecuali di TPA Bantar Gebang," ucap Danis.

TPA Sampah Manggar memiliki tiga landfill dengan total luas 9,1 hektare yang dibangun dengan nilai Rp160 miliar.

TPA itu mampu menangani 100% sampah dari seluruh Balikpapan yang memiliki jumlah penduduk hingga 636 ribu jiwa setidaknya sampai delapan tahun ke depan.

Ketika sudah penuh, landfill akan diubah menjadi lahan hijau dan didiamkan selama beberapa tahun sebelum diubah kembali menjadi titik pembuangan sampah. (OL-2)

BERITA TERKAIT