17 December 2019, 20:40 WIB

Pemprov DKI Pastikan Genangan Air di Jakarta Surut


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

ANTARA FOTO/Jaya Kusuma
 ANTARA FOTO/Jaya Kusuma
Kendaraan melintas di samping genangan banjir di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, kemarin.

DINAS Sumber Daya Air (SDA) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta memastikan genangan air di beberapa titik sudah surut. Mereka menggelar Operasi Siaga Ibu Kota seusai hujan mengguyur sejumlah wilayah di Jakarta.

Satgas SDA Kecamatan menuju lokasi untuk melakukan penanganan genangan, dengan penyedotan menggunakan pompa serta pembersihan tali-tali air dibantu PPSU Kelurahan.

"Pompa yang telah disiapkan Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta sebanyak 122 unit pompa mobile dan 474 unit pompa stasioner yang tersebar di 165 lokasi, dengan total kapasitas 489.01 m4/dt," ujar Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juaini, di Jakarta, Selasa (17/12).


Baca juga: Sejumlah Wilayah di Jakarta Barat dan Pusat Tergenang


Selain itu, kata Juani, pihaknya juga melakukan monitoring dan antisipasi kejadian genangan terus dilaksanakan di beberapa titik, seperti Jalan MT Haryono depan Gedung Film Kecamatan Pancoran. Lalu di Jalan Prof Dr Satrio, Kecamatan Setiabudi.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI hingga pukul 16.00 WIB, jalan yang tergenang terdiri atas 19 titik genangan yaitu, empat titik di wilayah Jakarta Pusat, tiga titik di Jakarta Barat, tujuh titik di Jakarta Selatan, dan lima titik di Jakarta Timur.

Sedangkan genangan di permukiman terdiri atas delapan titik, yang kesemuanya berada di wilayah Jakarta Barat. (OL-1)

BERITA TERKAIT