17 December 2019, 17:50 WIB

Angkat Besi, Binaraga, dan Angkat Berat Resmi Bercerai


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
 ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
 Menpora Zainudin Amali (ketiga kiri) didampingi Ketua Umum PB PABBSI Rosan Perkasa Roeslani (keempat kiri) saat meninjau Pelatnas.

PENGURUS Besar Persatuan Angkat Besi, Berat, Binaraga Seluruh Indonesia (PB PABBSI) secara resmi dibubarkan. Keputusan itu diambila setelah para pengurus induk cabang ollah raga itu melakukan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) PABBSI di Hotel Grand Kemang, Jakarta Senin (16/12).

Pembubaran PB PABBSI lantaran adanya permintaan langsung dari Induk Organisasi Angkat Besi Dunia (IWF). Mereka meminta organisasi angkat besi harus berjalan terpisah dan tidak boleh digabung dengan cabang lain.

Baca juga: Atlet Pabbsi akan Terjun ke Tujuh Kualifikasi Olimpiade

Jika angkat besi tak segera memisahkan diri, bukan tidak mungkin IWF akan melarang Indonesia untuk ikut berlaga di kejuaraan internasional.

Manajer Pelatnas PB PABBSI, Sonny Kasiran mengatakan IWF sejatinya sudah mengingatkan soal pemisahan tersebut sejak 2015 silam.

Namun, pemisahan tak kunjung dilakukan karena harus disetujui terlebih dahulu oleh semua pihak.

Setelah dibubarkan, setiap cabang yang termasuk dalam PB PABBSI, yakni angkat besi, angkat berat, dan binaraga membentuk kepengurusan masing-masing.

"Belakangan ada beberapa negara di suspen tak boleh bertanding, tapi saya tak bisa sebutkan," ujar Sonny kepada Media Indonesia.

Ia juga mengatakan jika pemisahan ini telah disepakati dengan masa transisi selama satu tahun. Begitu juga AD/ART setiap cabang olahraga turut berubah.

"Resminya pada 1 November tahun depan, kami sudah berpisah dan masing-masing sudah memiliki organisasi sendiri, " ujarnya.

Di sisi lain, Sonny juga menepis adanya kekhawatiran dari daerah mengenai pemisahan ini terutama menghadapi Pekan Olahraga Nasional 2020 Papua

"Lancar-lancar saja. Mereka memahami, karena demi Merah-Putih. Dari tiga cabor itu juga hanya angkat besi yang Olimpiade," ujar Sonny.

Dengan pembubaran itu, membuat angkat besi bakal bernaung di bawah Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia(PABSI), angkat berat menjadi Perkumpulan Angkat Berat Indonesia (PANGBI), sedangkan binaraga menjadi Perkumpulan Binaraga dan Fitnes Seluruh Indonesia (PBFI). (Ykb/A-3)

BERITA TERKAIT