17 December 2019, 14:55 WIB

BPBD Banjarnegara Buka Posko 24 Jam


Lilik Darmawan | Nusantara

Antara
 Antara
Ilustrasi 

MEMASUKI musim penghujan, Pemkab Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) telah menetapkan siaga darurat bencana baik bencana angin puting beliung, banjir, dan longsor. Konsekuensinya, BPBD mulai membuka posko 24 jam untuk memantau bencana dan mempersiapkan peralatan dan personel.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara Arief Rahman mengatakan bahwa pemkab telah menetapkan status siaga darurat bencana sejak akhir November lalu.

"Jadi, begitu memasuki musim penghujan, BPBD Banjarnegara telah mengajukan penetapan status tersebut ke Bupati Banjarnegara. Dengan ditandatanganinya status siaga darurat bencana, maka antisipasi mulai ditingkatkan," kata Arief Rahman, Selasa (17/12/2019).

Menurutnya, saat ini BPBD telah menyiapkan peralatan, logistik, dan personel BPBD yang siap siaga.

"Kami siap berangkat setiap saat begitu ada bencana yang terjadi. Peralatan dan logistik juga sudah disiapkan. Selain itu, BPBD terus menjalin komunikasi dengan para stakeholders terkait, untuk bersama-sama bergerak jika terjadi bencana," ungkapnya.

baca juga: Partisipasi Masyarakat Untuk Citarum Harum Harus Ditingkatkan

Seperti diketahui, Banjarnegara merupakan wilayah yang rawan longsor. Bahkan, dari 278 desa, 199 desa di 20 kecamatan merupakan daerah rawan longsor. Sehingga pada musim penghujan saat sekarang, perlu ditingkatkan kewaspadaannya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT