17 December 2019, 14:04 WIB

Pohon Tumbang Tutup Akses ke Lembang


Depi Gunawan | Nusantara

MI/Depi Gunawan
 MI/Depi Gunawan
Sebuah pohon mahoni i Jalan Maribaya, Kabupaten Bandung Barat tumbang dan menutup akses jalan.

TIADA angin maupun hujan, sebuah pohon mahoni i Jalan Maribaya, Kabupaten Bandung Barat tumbang dan menutup akses jalan. Kayu dan ranting pohon cukup panjang berserakan hingga menutupi seluruh ruas jalan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun demikian, proses evakuasi serta pembersihan pohon setinggi 10 meter dan berdiameter 3 meter itu cukup merepotkan sehingga dibutuhkan bantuan alat berat.

"Kondisi lalu lintas tadi cukup terganggu karena batang pohon menghalangi badan jalan selama kurang lebih 1 jam. Tapi dipastikan kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban luka. Karena tidak ada pengendara yang melintas," kata Kapolsek Lembang, Kompol Sutarman di lokasi, Selasa (17/12/2019).

Sutarman menuturkan, diduga pohon tersebut tumbang karena akarnya sudah lapuk dan tua. Untuk mencegah kejadian serupa, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengindentifikasi pohon-pohon rawan tumbang. Dia menguraikan, beberapa kawasan rawan pohon tumbang di antaranya Jalan Maribaya dan Jalan Tangkuban Parahu. Kerawanan pohon tumbang di kawasan tersebut karena banyak pohon besar dan berusia tua.

"Kami akan survei terutama di jalur Maribaya dan Jalan Tangkuban Parahu. Kalau pohon di kawasan Perhutani sudah dilaksanakan penebangan, namun di Jalur Maribaya ini akan dikoordinasikan dengan Dinas Pertamanan supaya pohon tua dan lapuk segera dirobohkan," ujarnya.

baca juga: Ribuan Gas Melon 3 Kg Berhamburan di Laut Belitung

Mengingat kondisi lalu lintas dalam beberapa hari ke depan dipastikan ramai oleh wisatawan, pihaknya mengimbau masyarakat berhati-hati ketika berkendara. Jika cuaca tidak memungkinkan, sebaiknya berlindung di tempat aman dan jangan memarkir kendaraan di bawah pohon besar.

"Selalu berhati-hati dan waspada, apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan," jelasnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT