17 December 2019, 13:10 WIB

Presiden Akan Resmikan Tol Pertama di Kaltim Siang Ini


Rudi Agung | Nusantara

MI/Pius Erlangga
 MI/Pius Erlangga
Proyek pembangunan jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang melintasi wilayah Samboja di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

SEBANYAK 1.400 personel gabungan TNI dan Polri diterjunkan untuk pengamanan kunjungan kerja Presiden Jokowi, Selasa (17/12/2019) siang ini. Kedatangan Presiden Joko Widodo untuk meresmikan tol pertama di Kalimantan Timur.

"Ada sekitar 1.400 personel dari TNI dan Polda," ujar Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto.

Menurut rencana, tol pertama di Kalimantan Timur ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo sekitar pukul 13.30 Wita. Ruas tol yang diresmikan sesi 2 hingga 4, yaitu jalur Samboja-Palaran. Seksi ini membentang sepanjang 66 kilometer. Ruas tol pertama di Kalimantan ini dibangun menggunakan APBD Kaltim sebesar Rp 1,3 triliun.

Mayjen TNI Subiyanto, mengatakan 1.400 personel disebar di pelbagai titik strategis yang menjadi lokasi kunjungan kerja  Presiden beserta rombongan.

"Jadi bukan hanya di tol, ada yang di Bandara SAMS Sepinggan dan lainnya," jelas Pangdam.

Begitu pula di luar kota Balikpapan dan Kabupaten Paser Penajam Utara (PPU). Presiden, sambung Mayjen Subiyanto, dijadwalkan akan memantau lokasi ibu kota baru di PPU seperti yang pernah dijanjikan Jokowi.

Selain meresmikan jalan tol Balikpapan-Samarinda, Jokowi juga dijadwalkan meresmikan Tempat Pembuangan Akhir Sampah di Manggar, Balikpapan Timur. Seluruh titik sentral dijaga ekstra ketat.

Senada dengan Pangdam, Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono, mengatakan, pengamanan Presiden akan disiapkan seoptimal mungkin.

"Kita akan melakukan pengamanan semaksimal mungkin di bawah kendali Panglima," jelasnya.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono dan Pangdam Mayjen TNI Subianto sempat meninjau tol dengan agenda gowes baren bersama jajaran personel TNI-Polri, kemarin.

Muktiono mengapresiasi pembangunan jalan tol yang Balikpapan- Samarinda yang dinilainya sangat baik. Bahkan, ia juga mengaku bangga dengan keberadaan tol ini.

"Jadi kita bangga Kaltim khususnya Balikpapan dan Samarinda punya jalan tol yang bagus," tutur Kapolda.

baca juga: Keterbatasan Anggaran Ancaman Kebencanaan di Jawa Tengah

Rencananya usai meresmikan tol, Presiden akan langsung menuju ibu kota baru. Dijadwalkan Presiden akan didampingi sejumlah menteri yakni Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu turut pula Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Juru Bicara Presiden M. Fadjroel Rachman,  dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT