17 December 2019, 14:45 WIB

Bandar Narkoba Ini Dapat Kiriman Sabu dalam Kotak Es Krim


Tri Subarkah | Megapolitan

MI/Tri Subarkah
 MI/Tri Subarkah
Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto (tengah) mengungkap penangkapan dua bandar narkoba di Mapolres Metro Jakarta Utara.

POLRES Metro Jakarta Utara menyita barang bukti jenis sabu dari tangan tersanga WL. Sabu seberat 2 kg tersebut disembunyikan dalam kotak kardus es krim merek internasional, Häagen-Dazs.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto mengatakan barang haram itu diperoleh WL dari saudaranya yang berada di luar negeri.

"Saudaranya berada di Singapura, proses pengirimannya melalui jalur laut," ungkap Budhi di Mapolres Metro Jakarta Utara, Selasa (17/12).

Menurut Budhi, sabu di dalam kotak es krim tersebut dibagi menjadi dua kantong plastik besar yang masing-masing seberat 1.010,3 dan 1.007,2 gram. Saat ditemukan, barang bukti tersebut masih tersimpn rapih.

"Ketika ditemukan memang masih berada di dalam kotak es krim ini. Kotaknya juga masih rapih. Jadi kita duga proses pengirimannya pun masih utuh sebagaimana kami temukan," papar Budhi.

Baca juga: Empat Tersangka Mafia Perumahan Syariah Ditangkap

Lebih jauh, Budhi memaparkan tersangka WL sudah dua kali melakukan transaksi sabu dengan modus kotak es krim dengan jumlah yang sama.

"Karena yang pertama itu berhasil, dia mencoba dengan cara yang sama. Ternyata yang kedua berhasil digagalkan," katanya.

Saat ditanya Budhi, WL mengaku mendapat upah sebesar Rp10 juta.

Selain tersangka WL, polisi juga menangkap bandar lain yakni AP. AP diketahui mendapatkan pasokan barang dari WL.

Rencananya, barang haram yang telah disita dari kedua bandar itu akan diedarkan ke wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat.

Saat ini, polisi masih memburu saudara WL yang berada di Singapura.

"Pelaku yang di atasnya memang kita lakukan investigasi, penyelidikan, karna informasi dari tersangka berada di Singapura," kata Budhi. (OL-2)

BERITA TERKAIT