17 December 2019, 11:59 WIB

Jelang Natal, ASDP dan Pelni Tambah Armada di NTT


Palce Amalo | Nusantara

JELANG perayaan Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 2020, PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Fery Cabang Kupang bersama PT Pelni Cabang Nusa Tenggara Timur (NTT) menambah armada untuk menghadapi lonjakan penumpang. Kepala Dinas Perhubungan NTT Ishak Nuka memperkirakan lonjakan penumpang pada perayaan natal dan liburan tahun baru berkisar antara 5-7%.  

"Lonjakan sebesar itu sangat besar sehingga perlu ad penambahan armada," kata Ishak Nuka kepada Media Indonesia di Kupang, Selasa (17/12/2019).

Ishak mengatakan saat ini ASDP Kupang memiliki delapan armada, akan ditambah Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Cakalang 2 yang selama ini melayari rute Sape-Labuan Bajo. Kapal tersebut segera digeser ke Kupang.

"Saat ini sedang berlangsung pengurusan surat-surat untuk mengeser kapal itu ke Kupang. Kami harapkan dalam pekan ini," tambanya.

Kapal yang memiiliki 693 GT tersebut akan ditempatkan di Pelabuhan Penyeberangan Bolok di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang. Selanjutnya, PT Pelni akan menambah Kapal Motor (KM) Lambelu untuk memperkuat lima armada yang selama ini menyingahi Pelabuhan Tenau Kupang yakni KM Awu, Sirimau, Bukit Siguntang, Wilis, dan Umsini.

"Untuk angkutan darat, saat ini dalam kondisi siap. Damri menyiapkan armadanya di Kupang, Kefamenanu, Ende, dan Waingapu," ujarnya.

Menurut Ishak, Dinas Perhubungan sudah menggelar pertemuan bersama kepala bandar udara se-NTT, ASDP bersama mitra dinas perhubungan seperti PT Pelindo, juga sudah mengatakan kesiapan mereka mensukseskan angkutan natal dan tahun baru.

baca juga: Sumsel Disebut Hanya Lalu Lintas Perdagangan Benih Lobster

Ishak mengatakan saat ini sejumlah maskapai penerbangan sudah menurunkan harga tiket pesawat setelah pemerintah memberikan subsidi avtur sebesar 20%. Seperti Maskapai Garuda Indonesia melakukan penurunan harga tiket dalam bentuk voucer setiap senin dan kamis. Kemudian maskapai penerbangan TransNusa juga mengeluarkan kebijakan pembelian tiket antara 9-15 Desember 2019 untuk penerbangan selama Januari 2020 mendapat diskon sebesar 20%. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT