17 December 2019, 05:00 WIB

Presiden Minta PSSI Lakukan Pembenahan


Faj/R-1 | Sepak Bola

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
 ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) berbincang dengan pengurus PSSI dalam pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin.

PSSI dituntut melakukan pembenahan dan perubahan besar ke arah yang lebih baik agar harapan masyarakat melihat prestasi sepak bola Indonesia bisa terwujud. Pembenahan kompetisi menjadi salah satu yang harus dilakukan agar muncul bibit-bibit pemain berbakat.

“Dari dulu saya sampaikan sistem dan proses kompetisi itu harus diperbaiki besar-besaran. Dari situlah akan muncul bibit-bibit yang baik dan pentingnya pembinaan dari sejak usia dini,” kata Presiden Jokowi saat menerima pengurus­ PSSI periode 2019-2023 yang dipimpin ketua umumnya, Mochamad Iriawan, di Istana Merdeka, Jakarta, kemarin.

Selain itu, Presiden meminta PSSI melakukan persiapan yang matang agar Indonesia sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Presiden mengingatkan tidak mudah  mendapatkan kepercayaan FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

“Ini betul-betul saya minta segala sesuatu dipersiapkan. Mulai dari promosi acara, mulai melihat lagi transportasi, akomodasi, stadion semuanya,” tegas Presiden seperti dikutip setkab.go.id.

Terkait dengan Piala Dunia U-20 2021, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyatakan PSSI akan menindaklanjuti arahan FIFA terkait dengan persiapan Piala Dunia U-20 2021. PSSI juga akan berusaha keras sukses di sisi prestasi.

“Kami akan mengagendakan sederet uji coba internasional bagi timnas U-19 sebelum berlaga di Piala Dunia U-20 2021. Ada 12 uji coba dengan negara-negara yang mempunyai kategori dengan nilai FIFA tinggi, seperti Iran, Arab Saudi, Uzbekistan, dan lainnya,” kata Iriawan
Uji coba tersebut, jelasnya, akan menambah jam terbang pemain dan juga untuk menyatukan pemain yang tengah menimba ilmu di Birmingham, Inggris, dalam program Garuda Select.

“Pemain U-19 sudah ada list nama yang akan main nanti. Ditambah dengan Garuda Select. Kemudian bagaimana pelatihannya, kita sampaikan mereka kembali ke klub untuk turun melakukan pertandingan uji coba,” ungkap Iriawan. (Faj/R-1)

BERITA TERKAIT