16 December 2019, 17:42 WIB

Dorong Potensi Atlet Berkuda Lewat Seri ECL


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga

MI/Yakub P
 MI/Yakub P
Pembukaan Equestrian Champions League

DEMI memajukan olahraga berkuda di Indonesia, Liga Olahraga Ketangkasan Berkuda (Equestrian) di Indonesia menggelar liga bertajuk Equestrian Champions League (ECL).

Pembukaan ECL diselenggarakan di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP) pada Sabtu (14/12) dan dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua KONI Marciano Norman, dan Ketua PP Pordasi Eddy Saddak.

ECL sendiri diinisiasi oleh pegiat equestrian, yakni Nadia Marciano, Triwatty Marciano, dan Adinda Yuanita.

Menurut Adinda, kehadiran ECL bertujuan untuk meningkatkan prestasi para atlet berkuda di Indonesia.

Selain itu, tujuan diadakannya ECL untuk mengembangkan dan mempertahankan industri olahraga berkuda equestrian dengan membangun jalur karir atlet yang berkelanjutan, serta membuat sistem data base (pengolahan data atlet) dengan peringkat atlet equestrian nasional yang mengikuti liga ini.

Baca juga : Equinara Academy Ingin Hasilkan Atlet Berkuda Kelas Dunia

"Dengan banyak dan berkualitasnya kompetisi maka atlet akan semakin berkembang," ujar Adinda.

Triwatty menambahkan jika kegiatan Equestrian Champions League ini diadakan karena pertumbuhan minat terhadap equestrian di Indonesia. Untuk memenuhi pertumbuhan minat tersebut, ECL hadir sebagai wadah untuk para atlet menunjukkan yang terbaik.

Kompetisi ECL memperlombakan kategori Show Jumping (ketangkasan pengendalian berkuda melompati rintangan), Dressage (perpaduan estetika dan pengendalian kuda yang baik) dan Eventing (rangkaian dressage, show jummping dan cross country course).

Ajang ini bakal digelar dalam enam seri, termasuk semifinal dan final, yang dimulai dari Seri 1 pada 7-9 Februari 2020, Seri 2 pada 6-8 Maret 2020, Seri 3 pada 17-19 April 2020, dan Seri 4 pada 24-26 Juli 2020.

Sementara seri 5 atau semifinal bakal diadakan pada 21-23 Agustus serta seri terakhir, yaitu final pada 25-27 September 2020. (OL-7)

BERITA TERKAIT