16 December 2019, 11:01 WIB

Kebakaran Pabrik di Bangladesh Tewaskan 10 Orang


Willy Haryono | Internasional

AFP/STR
 AFP/STR
Petugas berusaha memadamkan api di sebuah pabrik di Gazipur, Bangladesh, 3 Juli 2019

SEJUMLAH sepuluh orang tewas dalam kebakaran pabrik di luar ibu kota Dhaka, Bangladesh, Minggu (15/12). Peristiwa ini merupakan kebakaran kedua yang melanda sektor industri Bangladesh dalam empat hari terakhir.
 
Kebakaran kali ini melanda sebuah pabrik kipas di distrik industri Gazipur pada Minggu (15/12) malam. Petugas berhasil memadamkan api setelah berjuang selama lebih kurang 2,5 jam.
 
Juru bicara dinas pemadam kebakaran Bangladesh Zillur Rahman kepada AFP mengatakan 10 jenazah ditemukan di dalam pabrik. Pihaknya masih terus menelusuri area kebakaran untuk memastikan tidak ada lagi korban jiwa.

Otoritas setempat mengaku belum mengetahui pasti ada berapa orang di dalam pabrik saat kebakaran terjadi. Hingga saat ini, penyebab pasti kebakaran di pabrik seluas 84 meter persegi itu belum diketahui.

Baca juga: Bangladesh Hukum Mati Tujuh Pelaku Serangan Kafe Dhaka 2016
 
Kamis (12/12) sebelumnya, sekitar 17 orang tewas saat sebuah pabrik plastik ilegal di luar Dhaka terbakar hebat.
 
Kebakaran di bidang industri merupakan hal biasa di Bangladesh, terutama saat memasuki musim kering. Penyebab kebakaran biasanya dipicu lemahnya penegakan aturan keselamatan.
 
Februari lalu, kebakaran di sebuah bangunan Mughal di Dhaka menewaskan sedikitnya 70 orang dan melukai puluhan lainnya.
 
Sementara pada November 2012, 111 orang tewas dalam kebakaran di sebuah pabrik yang memproduksi pakaian untuk negara-negara Barat. Tragedi saat itu disebut-sebut sebagai kebakaran paling mematikan dalam sejarah Bangladesh.(OL-5)

BERITA TERKAIT