16 December 2019, 10:09 WIB

Kemensos Kirim Logistik untuk Korban Banjir Solok


Rifaldi Putra Irianto | Humaniora

ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi
 ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi
 Sejumlah warga berada diantara material sisa banjir bandang di desa Sapan Salak dan Desa Manggih, Kecamatan Koto Parik Gadang di Ateh

KEMENTERIAN Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan tanggap darurat untuk korban bencana banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatra Barat.

Banjir bandang yang menerjang wilayah Solok Selatan sebanyak dua kali pada 20 November dan 13 Desember terjadi di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Kecamatan Sungai Pagu dan Kecamatan Pauh Duo.

"Tim Kemensos sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Sumatra Barat dan Kabupaten Solok Selatan untuk penanganan korban dan mengamati situasi terkini. Bantuan sudah kami salurkan termasuk bantuan logistik dengan total senilai Rp1,6 miliar," kata Menteri Sosial Juliari P. Batubara dalam keterangan resmi yang diterima, Jakarta, Senin (16/12).

Tak hanya memberikan bantuan logistik, Kemensos juga mengirimkan petugas perlindungan sosial untuk korban bencana alam.

"Sejauh ini, Kemensos telah mengirimkan petugas perlindungan sosial korban bencana alam dari pusat untuk asesmen kebutuhan," imbuhnya.

Di sisi lain, Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat mengatakan dalam penangan bencana kali ini pihaknya fokus kepada evakuasi korban ke tempat yang lebih aman.

"Fokus penanganan adalah evakuasi pengungsi ke tempat aman, serta kelompok rentan yang terdiri atas lansia, anak-anak, penyandang disabilitas dan kelompok khusus lainnya," ucap Harry.

Baca juga: Lagi, Banjir Bandang Hantam Solok Selatan 6 Rumah Hanyut

Ia juga menyampaikan Taruna Siaga Bencana (Tagana) telah mendirikan tenda darurat serta mengelola dapur umum untuk kebutuhan para korban.

"Tagana Provinsi Sumbar dan Kabupaten Solok Selatan telah mendirikan tenda darurat dan evakuasi korban ke tempat aman serta layanan dukungan psikososial. Mereka juga mengelola dapur umum lapangan yang terpusat di pengungsian RTH Muaro Labuah," tuturnya.

Dapat diketahui, untuk banjir di Kabupaten Solok Selatan Bantuan Tanggap Darurat dari Kementerian Sosial terdiri dari Bantuan logistik Tahap 1 diserahkan kepada Dinsos Kabupaten Solok Selatan, Bantuan Logistik Tahap 2 diserahkan kepada Dinsos Provinsi Sumatra Barat.(OL-5)

Bantuan yang disalurkan di antaranya berupa peralatan kebersihan keluarga 300 paket, mesin pompa pendorong air 10 unit, mesin genset 6 unit, mesin pompa sedot air dan selang spiral 10 unit, sembako 1.000 paket, santunan ahli waris untuk satu orang korban meninggal Rp15 juta.(OL-5)

BERITA TERKAIT