15 December 2019, 19:35 WIB

Kontraktor: Tol Layang Japek memang Didesain untuk Keselamatan


Andhika Prasetyo | Ekonomi

MI/Andhika Prasetyo
 MI/Andhika Prasetyo
Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated menggunakan desain yang mengedepankan keamanan dan keselamatan pengguna jalan.

PROJECT Manager Japek II Elevated PT Waskita Karya, Fathur Rozaq, mengungkapkan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated menggunakan desain yang mengedepankan keamanan dan keselamatan pengguna jalan.

Karena jalan tersebut berada pada titik yang tinggi, desain jalan yang dimunculkan akhirnya dikhususkan untuk kecepatan kendaraan maksimal 80 kilometer per jam.

"Dengan jarak pandang 110 meter yang dituangkan dalam parameter alignment vertikal dan horizontal yang mengadopsi standar ukuran jari-jari tikungan, panjang lengkung, kelandaian maksimum dan lain-lain yang sifatnya teknis," jelas Fathur kepada Media Indonesia, Minggu (15/12).

Sekalipun ada ruas yang terlihat bergelombang di titik tertentu, dia mengatakan itu sudah melalui kajian yang matang.

"Tol Japek II juga sudah lolos uji laik fungsi dan uji beban sehingga semua sudah aman," lanjutnya.


Baca juga: Penerimaan Lesu, Pemerintah Disarankan Revisi Target Pajak


Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Tol Japek II Elevated telah diresmikan Presiden Joko Widodo 12 Desember lalu dan mulai dioperasikan untuk umum pada Minggu (15/12).
Tol tersebut masih akan digratiskan hingga musim liburan Natal dan Tahun Baru 2020 usai. Adapun PT Waskita Karya bertindak sebagai kontraktor proyek tersebut.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru, mengatakan, untuk masuk ke Tol Japek II, pengguna jalan yang berasal dari Jakarta menuju Cikampek dapat melalui Jalan Tol Dalam Kota dari arah Halim/Cawang.

"Kemudian masuk melalui akses di kilometer 10 Jalan Tol Japek lama,” kata Heru.

Sedangkan, pengemudi yang berasal dari arah Jatiasih bisa masuk melalui akses di kilometer 45 Jalan Tol JORR dan yang datang dari arah Rorotan bisa masuk di akses kilometer 46 Jalan Tol JORR.

"Untuk pengguna jalan yang menuju arah Jakarta dapat masuk di Karawang Barat melalui akses kilometer 48 Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah. Nanti mereka akan keluar di Simpang Susun Cikunir kilometer 10 Jalan Tol Japek lama arah Halim/Cawang," tandasnya. (OL-1)

 

BERITA TERKAIT