15 December 2019, 15:59 WIB

62 Ribu Ekor Ikan Belida dan Patin Dilepas ke Sungai Musi


Dwi Apriani | Nusantara

MI/Dwi Apriani
 MI/Dwi Apriani
Pelepasliaran bibir ikan belidan dan patin

SEBANYAK  62 ribu ekor ikan belida dan patin dilepas ke aliran Sungai Musi sebagai upaya membudidayakan spesies ikan endemik khas Sumatra Selatan (Sumsel).

Kegiatan tersebut dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel bersama PT Pertamina Refinery Unit III serta Pertamina Marketing Operation Region II, Minggu (15/12), dalam rangka ulang tahun ke-62 Pertamina.

''Di umur 62 tahun ini, peran Pertamina makin besar bagi masyarakat. Selain memastikan ketersediaan energi di masyarakat, bentuk syukur kami saat ini lakukan adalah membantu budidaya ikan Belida dan ikan Patin, selain pelepasliaran yang kami lakukan pagi ini, kami juga memiliki lokasi budidaya untuk kedua spesies ikan ini,'' ujar General Manager RU III Plaju, Joko Pranoto, Minggu (15/12).

Ia menuturkan kegiatan serupa akan dilakukan secara rutin oleh Pertamina bekerjasama dengan pihak lain agar keberlangsungan ekosistem ikan belida di Sungai Musi terjaga. Pihaknya pun berharap kegiatan serupa juga akan diikuti pihak lain karena pelestarian Sungai Musi beserta kekayaan didalamnya adalah tanggungjawab bersama.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Sumatra Selatan Nasrun Umar mengatakan pelepasan ribuan ekor benih ikan di aliran sungai Musi, sebagai upaya agar habitat ikan khas itu tetap terpelihara.

"Habitat dan ekosistem ikan belida dan ikan lainnya di sungai musi perlu dilestarikan, karena Sungai Musi dan kekayaan didalamnya adalah suatu komponen yang penting bagi masyarakat Palembang," terang dia.

Nasrun juga meminta kepada masyarakat, khususnya pada nelayan, dalam menangkap ikan di Sungai Musi dengan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan. (OL-11)

BERITA TERKAIT