15 December 2019, 16:05 WIB

Korban Tewas Gunung Meletus di Selandia Baru Bertambah


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

Medcom.id
 Medcom.id
Gunung api Pulau Putih di Selandia Baru yang erupsi.

SESEORANG yang dirawat di rumah sakit setelah letusan gunung berapi Pulau Putih, Selandia Baru, telah meninggal, menjadikan korban tewas resmi menjadi 16 orang, kata polisi.

Korban yang belum diidentifikasi meninggal di Australia setelah dipulangkan untuk perawatan.

Sekitar 20 orang masih dalam perawatan intensif dengan luka bakar parah.

Sementara itu, tim pemulihan kembali ke pulau vulkanik itu, Minggu (15/12), tetapi tidak dapat menemukan dua mayat yang tersisa.

Delapan personel pencarian dan penyelamatan polisi dikerahkan selama 75 menit ke daerah tempat setidaknya satu mayat diyakini.

"Kami tidak menemukan mayat lagi di daerah itu," kata Wakil Komisaris Polisi Mike Clement kepada wartawan.


Baca juga: Mantan Presiden Bashir Dijatuhi Hukuman Dua Tahun Penjara


Polisi mengatakan, mereka tetap berkomitmen untuk menemuka dan mengevakuasi jenazah. Tim penyelam polisi dan militer akan terus mencari dan menyisir perairan di sekitar Pulau Putih, juga dikenal dengan nama Maori-nya Whakaari.

Pada Sabtu (14/12) kemarin, tim menghadapi air yang terkontaminasi dan jarak pandang yang buruk setelah satu tubuh terlihat di dalam air.

"Ada kemungkinan mayat kedua juga ada di laut," kata Clement.

Tidak ada kegiatan signifikan lebih lanjut di Pulau Putih sejak letusan Senin lalu tetapi risiko letusan masih ada, menurut Geoff Kilgour, seorang ahli vulkanologi dari GNS Science, dikutip oleh AFP.

Proses identifikasi sedang dilakukan di Auckland oleh para ahli termasuk ahli patologi, seorang dokter gigi forensik dan seorang petugas sidik jari. (BBC/OL-1)

BERITA TERKAIT